Sempat Tertunda, Ini Tanggal Rilis Aplikasi Samsat Digital Nasional

M. Adam Samudra - Selasa, 4 Mei 2021 | 08:35 WIB
Samsat Digital Nasional
Korlantas Polri
Samsat Digital Nasional

GridOto.com - Beberapa waktu Korlantas Polri berencana memperkenalkan adanya aplikasi baru yakni pelayanan Samsat Digital Nasional (SIGNAL).

Kehadiran aplikasi ini untuk memudahkan masyarakat atau wajib pajak dalam membayar pajak kendaraan, terlebih pada kondisi pandemi, sehingga tidak perlu lagi hadir ke Samsat

Saat itu dijadwalkan bahwa aplikasi ini akan di soft launching pada tanggal 24 Maret 2021.

Namun saat itu Korlantas Polri masih terus melakukan uji coba secara terbatas agar aplikasi tersebut dapat beroperasi secara cepat dan tepat.

Baca Juga: Korlantas Polri Siapkan Samsat Digital Nasional, Bayar Pajak Tak Perlu Lagi ke Samsat

Lantas sebenarnya kapan masyarakat bisa merasakan Samsat Digital Nasional?

Menanggapi pertanyaan tersebut, Kasubdit STNK Ditregident Korlantas Polri Kombes Pol M. Taslim Chairuddin berikan penjelasan.

"Saat ini (SIGNAL) masih dalam proses, kita agak terhambat karena banyak beban tugas, aplikasi SIM (SINAR) juga masih dalam proses evaluasi dan penyempurnaan secara bertahap," kata Kombes Pol Taslim kepada GridOto.com, (4/5/2021).

"Insya Allah akhir atau awal Juni sudah bisa kita lepas untuk diujicoba masyarakat meskipun kita tidak launching resmi, maksimal di akhir Juni sebagai hadiah 1 Juli, ketika grand launching saya berharap sistem sudah dilakukan tahapan evaluasi," sambungnya.

Baca Juga: Asik! Pajak Mati atau Jatuh Tempo Pada Libur Lebaran Dipastikan Bebas Denda

Masyarakat cukup menginstal aplikasi Signal di ponsel pintarnya, kemudian bisa membayar pajak kendaraan menggunakan gawai dengan mengikuti prosedur yang telah ditetapkan.

Adapun keunggulan dari Samsat Digital Nasional, lanjut Taslim, mampu menjangkau berbagai kebutuhan yang berkaitan dengan PKB.

Tak hanya sebagai skema pengecekan dan pembayaran.

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id

Editor : Hendra
Sumber : GridOto.com

Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa