Ada Rencana Pembangunan Jalan Tol Gilimanuk-Mengwi, Begini Reaksi dari Warga yang Tinggal di WIlayah Terdampak

Ruditya Yogi Wardana - Senin, 19 April 2021 | 16:10 WIB
Peta jalur jalan tol Gilimanuk-Mengwi.
Tribun-bali.com
Peta jalur jalan tol Gilimanuk-Mengwi.

GridOto.com - Wacana pembangunan jalan tol Gilimanuk-Mengwi, Bali sepanjang 96,21 Km sudah digaungkan oleh pemerintah sejak pertengahan 2020 lalu.

Rencananya, kontruksi jalan tol Gilimanuk-Mengwi membentang melintasi sebanyak 33 desa yang terebar pada lima kabupaten di Bali dan pengerjaannya dimulai pada 2022 mendatang.

Meski demikian, wacana ini ternyata memunculkan sejumlah reaksi dari masyarakat yang tinggal di wilayah terdampak pembangunan jalan tol, salah satunya Kecamatan Marga, Kabupaten Tabanan.

Camat Marga, I Gusti Agung Alit Adiatmika mengatakan, informasi terkait wacana pembangunan jalan tol tersebut masih sebatas sosialisasi saja.

Baca Juga: Pembangunan Jalan Tol Gilimanuk-Mengwi Belum Dimulai, Muncul Kekhawatiran dari Banyak Pihak

Bahkan dirinya hingga sekarang belum mengetahui secara pasti titik-titik yang terdampak pembangunan jalan tol Gilimanuk-Mengwi di Kecamatan Marga.

"Sosialisasi terakhir sekitar dua bulan lalu. Sejak itu masih belum ada lagi (informasinya)," ungkap Alit, dikutip GridOto.com dari Tribun-bali.com.

Walau begitu, sejumlah warga di Kecamatan Marga justru sudah melakukan penolakan terkait proyek jalan tol ini.

"Kalau penolak ada beberapa. Mungkin karena berbagai faktor, seperti takut nominal ganti ruginya kecil atau lahan yang terdampak merupakan tempat tinggal satu-satunya," jelas Alit.

Baca Juga: Baru Mulai Dibangun 2022, Kapan Target Jalan Tol Gilimanuk–Mengwi Bisa Rampung?

Di sisi lain, ada juga sebagian warga Kecamatan Marga yang merasa senang dengan adanya proyek pembangunan jalan tol Gilimanuk-Mengwi.

"Ada yang senang (dengan adanya proyek jalan tol). Bahkan sudah cari tempat pengganti. Ada yang sudah beli tanah lagi. Warga yang sudah lebih siap seperti itu juga ada," tutur Alit.

Alit melanjutkan, sebagian warga yang setuju bahkan sudah mengurus Izin mendirikan Bangunan (IMB) dengan tujuan agar mendapatkan uang ganti rugi dengan jumlah lebih besar.

Artikel ini telah tayang di Tribun-bali.com dengan judul Jelang Rencana Pembangunan Mega Proyek Tol Gilimanuk-Mengwi, Beberapa Warga Sudah Urus IMB.

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id

Editor : Hendra
Sumber : Tribun-Bali.com

Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa