Seken Keren: Masalah Kaki-kaki Nissan Elgrand E51 Cuma Sedikit, Perbaikannya Makan Dana Jutaan Rupiah

Harun Rasyid - Minggu, 18 April 2021 | 15:50 WIB
Ilustrasi Nissan Elgrand E51
Goo-net.exchange.com
Ilustrasi Nissan Elgrand E51

GridOto.com - Nissan Elgrand bekas lansiran 2007 hingga 2010, hingga kini masih tampak keren dan berkelas.

Masuk Indonesia lewat importir umum (IU), Nissan Elgrand generasi kedua ini mengusung mesin 2.500 cc V6 dengan transmisi matik triptonic 5-percepatan.

Saat ini, harga Nissan Elgrand berkode bodi E51 ini berkisar Rp 158 juta hingga Rp 190 jutaan tergantung kondisinya.

Namun menurut Ari Hidayat, kepala bengkel spesialis Nissan Jasmin Motor BSD di Tangerang Selatan, Big MPV tersebut memiliki masalah di sektor kaki-kakinya.

Baca Juga: Seken Keren: Waspada Koil Pincang di Nissan Elgrand E51, Perbaikannya Bisa Subtitusi Pakai Part Mobil Ini!

"Masalah Nissan Elgrand E51 salah satunya di kaki-kaki, kayak kebocoran power steering. Sebab power steering Nissan Elgrand masih pakai minyak atau belum EPS (Electronic Power Steering). Penyebabnya karena umur dan pemakaian saja," ujarnya kepada GridOto.com, Jumat (16/4/2021).

"Kalau bocor paling ganti sealnya saja, biayanya sekitar Rp 3 jutaan. Lalu slang high pressure power steering juga perlu dicek. Kalau ganti full sekitar Rp 7 juta, tapi kalau belum pernah rusak bisa diperbaiki dengan cara press," sambungnya.

Menurut Ari, pemilik rival Toyota Alphard ini akan sedikit kesulitan saat mencari spare part kaki-kaki Nissan Elgrand E51.

"Spare part kaki-kaki Nissan Elgrand E51 ini agak susah dan beda dari Nissan lain kayak Livina atau Serena. Selain itu bagian bushing Elgrand itu enggak bisa dibeli satuan, jadi harus set sama arm. Selain itu setahu saya enggak ada vendor aftermarket yang menyediakan bushingnya saja," ungkapnya.

Baca Juga: Seken Keren: Kiprah Nissan Elgrand E51 di Indonesia, MPV CBU Tulen Dari Jepang yang Kini Harga Bekasnya Menarik

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id

Editor : Fendi

Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa