Jalan Tol Solo-Yogyakarta-Bandara YIA Terkendala, Pengerjaan Ikut Terhambat

Dia Saputra - Senin, 29 Maret 2021 | 20:33 WIB
Jalan Tol Solo-Yogyakarta hingga Bandara YIA
TribunJogja.com
Jalan Tol Solo-Yogyakarta hingga Bandara YIA

GridOto.com - Proses pembebasan lahan untuk pembangunan Jalan Tol Solo-Yogyakarta-Bandara Yogyakarta International Airport (YIA) masih terkendala.

Kendala dalam pembebasan lahan Jalan Tol Solo-Yogyakarta ini terjadi di Desa Mlangi, Kelurahan Nogotirto, Kecamatan Gamping, Sleman.

Alasan yang jadi penyebab terkendalanya pembebasan lahan adalah karena ada beberapa pihak yang belum puas atas trase jalan tol baru ini.

Hal tersebut lantaran trase jalan tol ini kurang memperhatikan bangunan cagar budaya Masjid Pathok Negoro di Desa Mlangi.

Baca Juga: Desain Trase Jalan Tol Solo-Yogyakarta-YIA Seksi 3 Masih Diprotes Warga dan Sejumlah Pihak, Ini Penjelasannya

Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) Satuan Kerja (Satker) Pelaksana Jalan Bebas Hambatan (PJBH) Kementerian PUPR, Totok Wijayanto mengatakan, saat ini masih dicari solusinya.

"Semoga ada solusi terbaik dalam menentukan trase tol di Yogyakarta ini," ucap Totok Wijayanto dikutip dari TribunJogja.com.

Pasalnya yang melakukan protes penolakan trase ini terdiri dari beberapa pihak dan lembaga seperti halnya pondok pesantren.

Dalam pembangunan Jalan Tol Solo-Yogyakarta-Bandara YIA sendiri berada pada dua provinsi, yakni Yogyakarta (60,93 km) dan Jawa Tengah (35,64 km).

Baca Juga: Polemik Proyek Jalan Tol Solo-Yogyakarta-Bandara YIA, Perubahan Trase Tunggu Keputusan Pemerintah

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id

Editor : Eka Budhiansyah
Sumber : Tribunjogja.com

Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa