Update Pembangunan Tol Bawen-Yogyakarta dan Solo-Yogyakarta, Sebentar Lagi Lelang Dimulai

Latifa Alfira Ulya - Sabtu, 31 Agustus 2019 | 17:25 WIB
Ruas Tol Bawen-Salatiga
Ruas Tol Bawen-Salatiga

GridOto.com - Proses lelang pembangunan Tol Bawen-Yogyakarta dan Tol Solo-Yogyakarta rencananya akan dimulai pada September mendatang.

Melansir dari TribunJogja.com, proses lelang tersebut sepenuhnya akan menjadi wewenang pusat.

Pemda DIY nantinya bertugas untuk mengeluarkan izin pemanfaatan lahan (IPL) serta melaksanakan sosialisasi kepada masyarakat.

Sekda DIY, Gatot Saptadi membenarkan bahwa rencana lelang akan dimulai pada September mendatang.

“Yang lelang kan pusat artinya tidak ada persoalan. Tetapi, untuk tol Bawen-Yogyakarta dan Tol Solo-Yogyakarta. Untuk tol yang Kulonprogo keputusan terakhir sudah ada kesepakatan, tapi saya belum lihat barangnya,” ujar Gatot, Kamis (29/8/2019).

Ia menjelaskan, posisi Pemda dalam hal ini adalah menyetujui rencana ini, kemudian desain untuk jalan tol ini bisa segera dibuat.

(Baca Juga: Jalan Tol Bawen-Yogya dan Solo-Yogya Diproses. Di Sini Rencana Entry dan Exit Tol di Yogya Dibangun!)

Sebelumnya, Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo dan Gubernur DIY, Sri Sultan Hamengku Buwono X telah menyepakati trase Tol Solo-Yogyakarta-Kulonprogo.

Dengan demikian, dalam waktu dekat pembangunan tol sepanjang 91,93 kilometer itu dapat segera direalisasikan.

"Trase Solo-Yogya sudah disepakati Gubernur Jawa Tengah pekan lalu. Sedangkan, untuk Yogya-Kulonprogo semalam sudah disetujui Sultan," kata Direktur Jenderal Bina Marga Kementerian PUPR Sugiyartanto, Rabu (28/8/2019).

Menteri PUPR, Basuki Hadimuljono menjelaskan, trase yang disepakati nantinya mulai dari Solo-Prambanan-Selokan Mataram-Yogyakarta.

Ia menambahkan, pekan depan akan dimulai proses lelang pengadaan proyek yang diperkirakan menelan investasi Rp 22,54 triliun tersebut.

"Tender di minggu pertama September ini sama BPJT (Badan Pengatur Jalan Tol)," ujarnya.

Artikel ini dikutip dari Tribunjogja.com dengan judul UPDATE Pembangunan Tol Bawen-Yogyakarta dan Solo-Yogyakarta, Tak Lama Lagi Lelang Mulai

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id

Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa