Menristek : Kendaraan Listrik yang Dikembangkan Akan Menggunakan Teknologi Tanpa Sopir atau Autonomous

Pilot - Sabtu, 27 Februari 2021 | 18:48 WIB
Ilustrasi mobil dengan fitur autonomous driving
Caradvice.com
Ilustrasi mobil dengan fitur autonomous driving

GridOto.com - Teknologi kendaraan listrik yang dikembangkan di Indonesia tidak hanya semata-semata mobil dan motor yang bisa bergerak layaknya mesin konvensional.

Tetapi juga dikembangkan teknologi autonomous, yaitu mobil yang bisa berjalan sendiri alias tanpa pengemudi. Wuih canggih dong....

"Dua hingga tiga tahun lagi kendaraan listrik akan menerapkan teknologi autonomous ini. Terutama untuk angkutan umum," jelas Menristek/Kepala BRIN Prof. Bambang Brodjonegoro, Ph.D, dalam pertemuan virtual dengan OTOMOTIF Group dan Lembaga Survei KedaiKOPI di Jakarta, beberapa hari lalu (23/02).

Baca Juga: Menristek : Program Kendaraan Listrik Konsepnya Dari Hulu ke Hilir, Enggak Cuma Bikin Mobil atau Motornya Saja

Jadi bus bertenga listrik yag digunakan untuk transportasi umum di sini tidak perlu ada pengemudi, karena sudah bisa dilakukan mandiri oleh kendaraan itu sendiri.

Diharapkan dengan adanya teknologi autonomous ini bisa membuat kendaraan jadi lebih tertib lalulintas selama di perjalanan. Akibatnya bisa menekan angka kecelakaan di jalan raya.

Selain itu dengan sistem ini juga bisa membuat perjalanan bus jadi lebih tepat waktu dan bisa lebih efisien.

Hal lain yang juga disiapkan adalah infrastruktur pendukung, seperti stasiun pengisian baterainya. Kapasitas baterai dan kecepatan pengisian menjadi salah satu faktor utama dalam kendaraan listrik.

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id

Editor : Pilot

Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa