Jangan Nekat Naik Motor Pakai Sandal Apalagi Nyeker Saat Kondisi Hujan, Sangat Berbahaya, Lebih Aman Gunakan Ini

Wisnu Andebar,Laili Rizqiani - Senin, 25 Januari 2021 | 20:20 WIB
Ilustrasi berkendara motor saat hujan
Motorcycle Legal Foundation
Ilustrasi berkendara motor saat hujan

GridOto.com - Pada awal 2021 ini sebagian besar wilayah Indonesia dilanda hujan dengan intensitas yang cukup tinggi, bahkan hampir terjadi setiap hari.

Hal ini mengharuskan pengendara motor harus lebih berhati-hati, karena hujan bisa membuat jalan menjadi licin dan jarak pandang berkurang.

Oleh karena itu, sangat penting untuk menerapkan safety riding saat berkendara saat kondisi hujan.

Namun sayangnya masih banyak pengendara yang mengabaikan, yakni dengan menggunakan sandal jepit atau bahkan melepas alas kaki alias nyeker saat berkendara di kondisi hujan.

Baca Juga: Street Manners: Bikers Mau Terobos Hujan? Jangan Asal Trabas, Perhatikan Hal-hal Ini Dulu

Jusri Pulubuhu, Founder & Training Director Jakarta Defensive Driving Consulting (JDDC) mengatakan, perilaku tersebut sangat membahayakan dan harus dihindari.

"Cedera serius bisa saja terjadi apabila mengalami kecelakaan saat menggunakan alas kaki yang tidak sesuai, terutama saat hujan," ujar Jusri kepada GridOto.com beberapa waktu lalu.

Menggunakan sandal saat berkendara di kondisi hujan sebaiknya tidak dilakukan, alasannya karena sendal jepit biasanya dibuat dari material karet yang relatif licin.

Selain itu, berkendara tanpa alas kaki juga bisa mempengaruhi saat mengoperasikan tuas transmisi dan rem belakang (selain skuter matic).

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id

Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa