Street Manners: Begini Tips Aman Mengendarai Motor Listrik di Jalan Raya

Muslimin Trisyuliono - Jumat, 22 Januari 2021 | 11:18 WIB
Ilustrasi Berkendara Motor listrik NIU
Rizky/Gridoto.com
Ilustrasi Berkendara Motor listrik NIU

GridOto.com - Berkendara naik motor listrik bisa dibilang berbeda dengan menggunakan motor biasa atau motor konvensional berbahan bakar bensin.

Pasalnya bikers perlu melakukan beberapa penyesuaian terlebih dahulu sebelum berkendara menggunakan motor listrik di jalan raya.

Selain karakter motor listrik yang tidak mengeluarkan suara karena tidak punya knalpot, motor listrik juga tidak ada getaran mesin yang dihasilkan ketika pengendara berakselerasi.

Menanggapi hal itu, Joel D Mastana, Sekertaris Mobilitas dan Wisata IMI Pusat dan Professional Safety Riding Trainer mengatakan, hal tersebut dapat disiasati dengan posisikan pengendara agar terlihat.

Baca Juga: Pengin Baterai Motor Listrik Tetap Awet, Begini Perawatannya Sob!

"Jangan naik motor di posisi blind spot (titik buta) pengendara lain sehingga tidak kelihatan. Gunakan lampu yang terang, seperti di siang hari gunakan lampu jauh dan memakai pakaian cerah," buka Joel kepada GridOto.com, Kamis (21/1/2021).

Menurutnya dengan cara tersebut bisa membuat pengendara lain sadar keberadaan bikers yang menggunakan motor listrik.

"Jadi seorang pengendara baik muda maupun tua kadang tidak bisa membedakan warna ya, tapi begitu pakai warna cerah otomatis akan tahu ada objek sesuatu," terangnya.

Kemudian bagi bikers yang baru berkendara menggunakan motor listrik, ia menghimbau supaya membuka gas secara perlahan dan mempelajari spesifikasi dan jarak tempuh motor listrik.

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id

Editor : Eka Budhiansyah

Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa