Sering Pakai Motor Listrik Sampai Baterainya Habis Bikin Cepat Rusak?

Mohammad Nurul Hidayah - Kamis, 21 Januari 2021 | 20:40 WIB
BL-SEV01, motor listrik terbaru garapan Universitas Budi Luhur
Nurul
BL-SEV01, motor listrik terbaru garapan Universitas Budi Luhur

Gridoto.com - Mungkin kalian ada yang bertanya-tanya, kenapa motor listrik tidak dianjurkan dipakai sampai baterainya habis?

Umumnya produsen motor listrik menganjurkan konsumennya agar segera melakukan charging sebelum baterai benar-benar habis dan membuat motor mati.

Ternyata ada alasan teknis yang mendasari kenapa kebiasaan menggunakan motor listrik sampai baterainya habis atau sampai motornya mati itu harus dihindari.

"Karena hal itu akan berkaitan langsung dengan usia pakai baterai motor litriknya," ujar Sujono M.T., Kepala Pusat Studi Kendaraan Listrik Universitas Budi Luhur.

 

Menurut Sujono, sering menggunakan baterai motor listrik sampai habis atau biasa disebut over discharged bisa membuat usia pakai baterai menjadi lebih pendek.

"Kalau sering over discharged, baterai menjadi cepat rusak," yakin Sujono yang sedang menuntut ilmu lagi untuk meraih gelar Doktor (S3).

Ilustrasi baterai motor listrik
Omega Motors
Ilustrasi baterai motor listrik

"Baterai yang habis itu membutuhkan waktu yang lebih lama untuk pengisian. Otomatis baterai akan menjadi panas dalam waktu yang lama dan bisa merusak sel-nya," yakin Sujono.

Jadi, yang membuat baterai mudah rusak itu karena proses charging yang menjadi lebih lama dan membuat baterai lebih panas dari biasanya selama proses.


Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id

Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa