Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Sambut Libur Natal dan Tahun Baru 2021, Begini Kesiapan Fasilitas dan Keamanan 7 Ruas Tol Milik Astra

Harun Rasyid - Kamis, 10 Desember 2020 | 21:31 WIB
Ilustrasi kepadatan di Gerbang Tol selama arus mudik libur Natal dan Tahun Baru 2021
Istimewa.
Ilustrasi kepadatan di Gerbang Tol selama arus mudik libur Natal dan Tahun Baru 2021

GridOto.com - Jelang libur Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2021, Astra Infra selaku pengelola sejumlah ruas tol di Indonesia menyatakan kesiapannya dengan program Nataru Aman & Asik (Ayo Mengikuti Aturan & Ayo Selalu Ikuti Protokol Kesehatan).

Krist Ade Sudiyono, CEO Toll Road Business Group PT Astra Tol Nusantara mengatakan, 7 ruas jalan tol yang dikelolanya mulai Tangerang-Merak, Cikopo-Palimanan, Semarang-Solo, Jombang-Mojokerto, Surabaya-Mojokerto, Kunciran-Serpong dan JORR I W2N dipastikan menjalankan pencegahan dan penanganan Covid-19.

"Kami telah mengoptimalkan dan menambah Gardu Tol Otomatis (GTO) dan Mobile Reader. Petugas tol selalu dilengkapi perlengkapan sesuai protokol Covid-19. Fasilitas mitigasi Covid-19 seperti ruang observasi sementara, posko kesehatan, dan tempat cuci tangan di Tempat Istirahat Pelayanan (TIP)," katanya dalam rilis resmi Astra Infra, Kamis (10/12/2020).

Krist menjelaskan, pihaknya juga meluncurkan program kampanye bertajuk keselamatan untuk menghindari terjadinya kecelakaan.

Baca Juga: ASTRA Tol Cipali Tingkatkan Layanan Serta Fasilitas Jalan, Apa Saja?

"Dengan Kampanye Bulan Keselamatan Berkendara 2020, berbagai tindakan preventif akan kami lakukan demi menekan angka kecelakaan yang diakibatkan oleh faktor manusia seperti mengantuk, kelelahan, tidak konsentrasi, kecepatan tinggi dan lain sebagainya," sebutnya.

Selain itu, Astra Infra juga disebut mencegah praktek Over Dimension Over Load (ODOL) yang berpotensi menimbulkan kecelakaan serta memengaruhi kualitas jalan tol.

Lewat 3E (Engineering, Education dan Enforcement), Krist mengungkapkan, Kampanye Bulan Keselamatan Berkendara 2020 akan memasang beberapa perangkat pendukung keselamatan di ruas tol miliknya.

"Demi optimalisasi layanan operasional maupun infrastruktur di setiap ruas tol, ASTRA Infra memastikan setiap ruas jalan tol dalam kondisi baik dan bebas dari perambuan maupun pekerjaan peningkatan jalan. Total 197 unit Warning Light dan 400 unit Closed-Circuit Television (CCTV) di jalan tol Astra Infra terdata berfungsi dengan baik," ungkapnya.

Baca Juga: Produk Buatan Astra Serbu Pasar Global, Sumbang 61 Persen dari Total Ekspor Kendaraan Roda Empat Nasional

Editor : Eka Budhiansyah

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa