Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

IMI Kasih Penjelasan Soal Aturan Komunitas dan Klub Harus Minta Izin Sebelum Touring, Ternyata Begini Sebenarnya

Muhammad Rizqi Pradana - Rabu, 9 Desember 2020 | 18:05 WIB
Touring di Usia Senja Kenapa Tidak ?
Istimewa
Touring di Usia Senja Kenapa Tidak ?

GridOto.com - Ikatan Motor Indonesia (IMI) telah menerbitkan panduan tata cara pelaksanaan touring motor pada akhir November 2020 lalu.

Panduan tersebut diterbitkan sebagai upaya IMI membantu meningkatkan pengetahuan dan keterampilan pengguna jalan raya saat melakukan touring, khususnya untuk komunitas maupun klub motor.

“Aturan tata cara berlalu lintas dan berbagi jalan itu gak ada, makanya IMI membuat materi pembantu,” ujar Sekretaris IMI Mobilitas M. Joel Deksa Mastana kepada GridOto.com, Senin (7/12/2020).

Salah satu yang cukup menimbulkan pro-kontra dalam panduan tersebut adalah diwajibkannya komunitas atau klub untuk melapor ke IMI, sebelum mengadakan kegiatan touring motor.

Baca Juga: Didukung MPR RI, IMI Resmikan Panduan Tata Cara Pelaksanaan Touring Motor

Ketika dikonfirmasi oleh GridOto.com, Joel pun coba untuk memberikan penjelasan lebih lanjut agar tidak ada kesalahpahaman.

“Panduan yang kami terbitkan bulan lalu memang bukan narahukum, tapi betul bahwa sampai jangka waktu yang belum ditentukan, komunitas atau klub yang mau touring motor itu harus melapor ke IMI,” ujar pria yang juga instruktur safety riding tersebut.

“Tapi melapor ke IMI itu bukan untuk meminta izin, tapi untuk meminta rekomendasi karena yang mengeluarkan izin itu tetap dari pihak kepolisian,” imbuhnya.

Ia mengatakan, keputusan tersebut diambil untuk memastikan bahwa aktivitas touring motor yang dilakukan oleh komunitas dan klub bisa lebih berkualitas terutama dari aspek safety.

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa