Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Pengamat Ungkap Alasan Mobil Hybrid Lebih Menarik di Mata Konsumen

Gayuh Satriyo Wibowo - Senin, 30 November 2020 | 17:22 WIB
Mitsubishi Outlander PHEV
Rizky
Mitsubishi Outlander PHEV

GridOto.com - Dewasa ini berbagai merek mulai menawarkan berbagai model mobil ramah lingkungan.

Mulai dari Hybrid Electric Vehicle (HEV), Plug-in Hybrid Electric Vehicle (PHEV), hingga Battery Electric Vehicle (BEV)atau kendaraan full listrik.

Melansir Kontan.co.id, Peneliti Senior Lembaga Penyelidikan Ekonomi dan Masyarakat (LPEM) Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, Riyanto mengatakan, ada beberapa aspek yang mendongkrak minat masyarakat terhadap kendaraan hybrid dibandingkan kendaraan full listrik.

"Untuk produk hybrid maupun plug-in hybrid insentifnya hanya pajak penjualan atas barang mewah (PPnBM). Kalau dilihat, dari insentif PPnBM produk hybrid sebenarnya sudah sangat kompetitif dan ke depannya produk hybrid dan plug in hybrid pasti berkembang," ujarnya pada acara diskusi virtual Peluang dan Tantangan Mobil Listrik di Indonesia, Kamis (26/11).

Baca Juga: Industri Kendaraan Listrik Terus Digenjot, Daihatsu Mulai dengan Mobil Hybrid?

Hal tersebut terlihat dari tingginya minat masyarakat terhada Nissan Kicks e-POWER yang langsung melahap habis unit dalam lima hari penjualan.

Tak hanya insentif pajak saja, secara ekonomi konsumsi bahan bakar kendaraan listrik pun terbilang irit.

Berdasarkan uji coba yang dilakukan peneliti di Universitas Indonesia di kawasan perkotaan, emisi kendaraan PHEV hampir sama seperti mobil listrik murni.

“Selama simulasi, BBM-nya terpakai kecil banget dan digerakkan oleh baterainya. Plug in hybrid ini mirip dengan full baterai karena kalau di dalam kota pembakarnya tidak berfungsi," papar Riyanto.

"Kalau dalam waktu ini saya milih hybrid atau plug in hybrid. Tetapi dalam jangka panjang kalau ekosistemnya ada, kita bisa pindah langsung ke BEV," tambahnya.

Baca Juga: Sebelum Beli, Cek Dulu Plus-Minus Punya Mobil Listrik di Indonesia

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa