Advertorial

Cerita Rafhi, Berinovasi Ciptakan Alat Pendeteksi Jarak Fisik untuk Jaga Protokol Kesehatan

Nana Triana - Jumat, 20 November 2020 | 12:26 WIB
M Rahfi Rihadatusyawal menangkan predikat Gold di AHMBS 2020 berkat kreativitasnya temukan perangkat penjaga jarak aman selama pandemi.
DOK. AHM
M Rahfi Rihadatusyawal menangkan predikat Gold di AHMBS 2020 berkat kreativitasnya temukan perangkat penjaga jarak aman selama pandemi.

GridOto.com – Sore itu Rafhi (17) duduk di meja menghadap meja belajarnya. Dengan cermat ia memperhatikan sebuah perangkat berbentuk kotak kecil yang ia letakkan di atas meja tersebut.

Tangan kanannya menggenggam solder listrik, sedangkan tangan kirinya menjepit seutas timah pengantar listrik dengan pinset.

Kedua tangan terampilnya bekerja sama mengotak-atik perangkat kecil tersebut. Asap tipis dari timah yang terbakar panasnya solder menerpa wajahnya.

Sesekali ia menghela nafas di sela upayanya memecahkan kerumitan sistem perlistrikan pada perangkat tersebut. Ketika perangkat tersebut menghasilkan bunyi nyaring, wajahnya berubah sumringah.

 Baca Juga: Honda Monkey 125 Jadi Tambah Menawan Pakai Beragam Part Mewah

Siswa SMK bernama lengkap M Rafhi  Rihadatusyawal tersebut tidak pernah menyangka, perangkat yang ia buat sore itu mengantarnya meraih sebuah prestasi membanggakan. 

Ia menciptakan perangkat tersebut karena merasa peduli akan kondisi masyarakat di tengah pandemi Covid-19. Situasi pandemi membuat masyarakat harus menerapkan protokol mengenakan masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak aman (3M).

Protokol terakhir, yaitu menjaga jarak, menjadi perhatiannya. Sebab, ketika berada di tempat umum memastikan jarak aman dengan orang lain tidaklah mudah. Banyak orang sulit atau bahkan lupa mengukur jarak 1,5-2 meter dengan orang lain.

Selain itu, penciptaan perangkat tersebut juga didorong oleh kerinduannya bertemu dengan teman-teman sekolahnya secara langsung meskipun di tengah kondisi pandemi. Terhitung November, Rafhi  sudah menjalani pembelajaran jarak jauh (PJJ) selama delapan bulan.

Baca Juga: All New Honda Scoopy Resmi Mengaspal di Yogyakarta, Segini Harganya Per November 2020

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id

Editor : Sheila Respati

Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa