Ratusan Kawasaki Ninja H2 di Amerika Serikat Kena Recall, Masalahnya Enggak Main-main Sob!

Ruditya Yogi Wardana - Kamis, 12 November 2020 | 07:17 WIB
Ratusan Kawasaki Ninja H2 di Amerika Serikat kena recall.
Rideapart.com
Ratusan Kawasaki Ninja H2 di Amerika Serikat kena recall.

GridOto.com - Kawasaki Motors Corp USA atau Kawasaki Amerika Serikat dikabarkan melakukan tindakan recall untuk ratusan unit Ninja H2.

Melansir dari Rideapart.com, program recall ini berlaku pada beberapa tipe Kawasaki Ninja H2 yang diproduksi dari 2018 hingga 2020 di pasar Amerika Serikat.

Mencakup Ninja H2 tipe SX dan SX SE produksi 2018 serta SX SE+ yang dibuat pada 2019 hingga 2020 dengan total 799 unit.

Menurut laporan dari Badan Keselamatan Jalan Raya Amerika Serikat (NHTSA), tindakan recall dilakukan karena ditemukan adanya kesalahan pemrograman ECU pada Kawasaki Ninja H2 produksi 2018 hingga 2020.

Baca Juga: Siapa Tahu Sultan Mau Beli, Harga Kawasaki Ninja H2 Bulan November 2020 Tembus Segini!

Kesalahan pemrograman tersebut membuat putaran mesin sportbike geng hijau ini mendadak meningkat ketika terjadi perpindahan gigi yang tidak tepat.

"Perpindahan gigi dilakukan pada putaran mesin yang tinggi bisa menyebabkan kerusakan pada transmisi yang mengakibatkan kemacetan saat memindahkan gigi," sebut pihak NHTSA dalam laporannya, dikutip dari Rideapart.com.

Transmisi yang macet karena mengalami kerusakan mengakibatkan terjadinya efek berantai yakni mesin berhenti mendadak.

Apabila kondisi tersebut terjadi maka pengendara bisa kehilangan kendali sportbike Kawasaki ini dan mengalami kecelakaan.

Baca Juga: MotorSeken : Banyak Yang Belum Tahu Pajak Tahunan Kawasaki Ninja H2, Tembus Segini Sob!

Sejumlah masalah serupa sebetulnya sudah dilaporkan sejak Mei 2018 lalu, di mana pengendara tidak bisa melakukan perpindahan dari gigi 4 ke gigi 5.

Dari laporan yang diterima pihak NHTSA, tidak tercatat adanya pengendara yang mengalami kecelakaan akibat masalah tersebut.

Adapun pihak Kawasaki Amerika Serikat berencana untuk menghubungi para pemilik via email dan mengundang mereka untuk melakukan pemrograman ulang ECU Kawasaki Ninja H2 pada 16 November 2020 mendatang.

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id

Editor : Hendra
Sumber : Rideapart.com

Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa