Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Jalan Tol Cimanggis-Cibitung Seksi I Siap Beroperasi Dalam Waktu Dekat, Bisa Diakses Secara Gratis, Sampai Kapan?

Ruditya Yogi Wardana - Rabu, 4 November 2020 | 19:05 WIB
Jalan tol Cimanggis-Cibitung siap beroperasi dalam waktu dekat ini.
Dok. Kementerian PUPR
Jalan tol Cimanggis-Cibitung siap beroperasi dalam waktu dekat ini.

GridOto.com - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) bersama Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) berupaya untuk menyelesaikan pembangunan sejumlah jalan tol baru, seperti ruas Cimanggis-Cibitung yang terdiri dari dua seksi.

Melansir pu.go.id, saat ini pembangunan Jalan Tol Cimanggis-Cibitung Seksi I (Junction Cimanggis-On/Off Ramp Jatikarya) sudah memasuki tahap akhir.

Rencananya jalan tol sepanjang 2,8 km tersebut mulai dibuka pekan depan, tepatnya pada Selasa (10/11/2020) mendatang.

Menariknya lagi, Ruas Tol Cimanggis-Cibitung juga dikabarkan bakal dioperasikan secara gratis hingga akhir November 2020.

Baca Juga: Siap-siap! Tarif Tol JORR I Bakal Naik Dalam Waktu Dekat Ini, Berikut Rinciannya

Adapun pembukaan akses jalan tol ini didasarkan pada Keputusan Menteri PUPR Nomor 1540/KPTS/M/2020 tentang Penetapan Pengoperasian Jalan Tol Cimanggis-Cibitung Seksi I.

"Dibukanya ruas ini tanpa tarif merupakan bagian dari sosialisasi kepada masyarakat hingga akhir November 2020," jelas Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Kementerian PUPR, Danang Parikesit, dikutip dari pu.go.id.

Menteri PUPR, Basuki Hadimuljono mengatakan, hadirnya jalan tol yang terhubung ke sejumlah kawasan produktif ini diharapkan bisa mengurangi biaya logistik dan meningkatkan daya saing investasi.

Untuk sekarang, pembukaan jalan tol Cimanggis-Cibitung Seksi I masih menunggu Sertifikat Laik Operasi (SLO) yang akan diterbitkan Direktorat Jenderal Bina Marga Kementerian PUPR dalam waktu dekat.

Baca Juga: Jasamarga Metropolitan Tollroad Lanjutkan Pekerjaan Pemeliharaan dan Rekonstruksi Jalan Tol Jagorawi, Ini Titiknya

Sementara itu, progres pembangunan tol Cimanggis-Cibitung Seksi II (On/Off Ramp Jatikarya-Junction Cibitung) sejauh 23,4 Km diketahui sudah mencapai 73 persen dan ditargetkan selesai pada Maret 2021 mendatang.

Sekadar informasi, Cimanggis-Cibitung merupakan bagian dari enam ruas Tol Jakarta Outer Ring Road (JORR) II.

Jalan tol ini menghubungkan akses Jalan Cibubur menuju tol Jagorawi yang difungsikan untuk memecah kepadatan kendaraan, terutama pada jam kerja dan pulang kerja.

Editor : Muhammad Ermiel Zulfikar
Sumber : Pu.go.id

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa