Street Manners: Bikers Sebaiknya Tak Nekat Terobos Hujan Deras, Tapi Kalau Mau Berteduh Sebaiknya di Tempat-tempat Seperti Ini

Muhammad Rizqi Pradana - Selasa, 27 Oktober 2020 | 21:06 WIB
Riding menembus hujan deras ternyata haram hukumnya dari kacamata safety, lebih baik langsung berteduh di tempat-tempat seperti ini
Pemda DKI
Riding menembus hujan deras ternyata haram hukumnya dari kacamata safety, lebih baik langsung berteduh di tempat-tempat seperti ini

GridOto.com - Hujan deras yang akhir-akhir ini kerap turun secara tiba-tiba membuat banyak pengendara motor terperangkap hujan di jalan.

Tidak sedikit yang langsung minggir untuk berteduh, tapi banyak juga yang melipir untuk mengenakan jas hujan sebelum melanjutkan perjalanan.

Meskipun sudah dianggap lazim, Sony Susmana, selaku Training Director Safety Driving Consultant Indonesia (SDCI) mengungkapkan hal tersebut ternyata sangat tidak direkomendasikan dari kacamata safety

“Berhenti saat hujan untuk pakai jas hujan terus melanjutkan perjalanan itu sebenarnya salah,” ujar Sony saat dihubungi GridOto.com, Senin (26/10/2020).

Street Manners: 4 Hal Ini Harus Diwaspadai Saat Terpaksa Berkendara di Tengah Hujan Deras

Menerobos hujan deras sendiri tidak direkomendasikan karena memiliki banyak bahaya seperti visibilitas buruk, angin kencang, pohon tumbang, sampai kabel listrik putus dan banjir.

Ia pun mengimbau para bikers untuk langsung mencari tempat berteduh ketika pertanda turunnya hujan seperti langit yang gelap sudah muncul.

“Karena kadang rider berhenti yang beresiko seperti di bawah pohon karena tadinya merasa tanggung dan akhirnya kesulitan untuk mencari alternatif tempat berteduh setelah hujan turun,” tukasnya.

Masalah tempat seperti apa yang direkomendasikan untuk dijadikan tempat berteduh, ia menyebutkan minimarket, halte bus, maupun tempat lainnya yang sekiranya aman dan tidak mengganggu lalu lintas.

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa