Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Street Manners: Jangan Asal Serobot, Kecelakaan di Persimpangan Jalan Terjadi Karena Banyak Hal!

Harun Rasyid - Sabtu, 22 Agustus 2020 | 21:25 WIB
Ilustrasi kecelakaan di persimpangan jalan
Manado.tribunnews.com
Ilustrasi kecelakaan di persimpangan jalan

GridOto.com - Jadi titik pertemuan dari berbagai arus lalu lintas, pengendara yang tidak tertib saat melintas di persimpangan jalan berpotensi mengalami kecelakaan.

Kecelakaan di persimpangan jalan juga bisa terjadi kapan saja, apalagi jika di jalan tersebut tidak memiliki lampu pengatur lalu lintas.

Hal itu pun mendapatkan tanggapan dari Sony Susmana, selaku Training Director Safety Defensive Consultant Indonesia (SDCI).

Menurutnya, persimpangan merupakan salah satu area yang wajib diwaspadai oleh para pengguna kendaraan.

Baca Juga: Toyota Veloz, Nissan March, hingga Suzuki APV Kecelakaan Beruntun di Tol Cipularang KM 92, Kali Ini Apa Penyebabnya?

"Menyikapi persimpangan jalan semisal pertigaan atau perempatan memang harus dengan kewaspadaan tinggi. Karena di persimpangan menjadi titik ketemunya kendaraan dari berbagai arah, sehingga potensi terjadinya kecelakaan begitu besar," ujar Sony saat dihubungi GridOto.com, Sabtu (22/8/2020).

Sonny menjelaskan, kecelakaan di persimpangan seringkali terjadi karena pola pikir dan perilaku pengendara yang salah.

Ilustrasi persimpangan jalan yang rawan kecelakaan karena lampu merah yang tidak berfungsi
Kompas.com
Ilustrasi persimpangan jalan yang rawan kecelakaan karena lampu merah yang tidak berfungsi


"Persimpangan jalan bukan hanya memiliki titik blind spot yang besar, tapi perilaku pengemudi atau pengendara yang malas mengurangi kecepatan kendaraannya," sebut Sony.

"Umumnya, pengguna jalan ini berharap dulu-duluan melintas sehingga apabila tertabrak, bisa menyalahkan yang nabrak. Jadi biasakan melakukan perlambatan laju kendaraan sebelum memasuki persimpangan," lanjutnya.

Baca Juga: Nekat Terobos Lampu Merah, Honda Supra Adu Banteng dengan Motor Lain di Persimpangan Jalan, Begini Hukumannya Kalau Melanggar Rambu Lalu Lintas

Lebih lanjut, Sony mengungkapkan jika ada beberapa cara yang bisa dilakukan pengendara untuk menghindari kecelakaan di persimpangan.

"Jadi sebelum persimpangan, sebaiknya kurangi kecepatan kalau perlu berhenti untuk mengalah. Setelah itu pengendara juga harus menengok ke kanan dan kiri untuk memastikan jalanan di persimpangan aman sebelum dilintasi," terang Sony.

Ia menambahkan, garis atau marka jalan di persimpangan juga menyambung, jadi menyalip kendaraan di area ini memang dilarang karena bisa menyebabkan kecelakaan. 

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa