Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Libur Panjang HUT RI Ke-75 Usai, Jasa Marga Catat Masih Banyak Kendaraan Belum Kembali Menuju Jakarta

Muhammad Ermiel Zulfikar - Rabu, 19 Agustus 2020 | 19:50 WIB
Jasa Marga mencatat masih banyak kendaraan yang belum kembali ke Jakarta usai libur panjang hari kemerdekaan Indonesia.
Dok. Jasa Marga
Jasa Marga mencatat masih banyak kendaraan yang belum kembali ke Jakarta usai libur panjang hari kemerdekaan Indonesia.

GridOto.com - PT Jasa Marga (Persero) mencatat masih banyak kendaraan yang belum kembali menuju Jakarta, usai libur panjang Hari Ulang Tahun Republik Indonesia (HUT RI) ke-75.

Dwimawan Heru, selaku Corporate Communication & Community Development Group Head Jasa Marga menjelaskan, hal itu secara tidak langsung memiliki potensi besar untuk kembali serentak pada Minggu (23/8/2020) nanti.

Mengingat masih adanya libur panjang gelombang kedua yang akan berlangsung pekan ini, dalam rangka Tahun Baru Islam 1 Muharram 1442 H.

Baca Juga: Begini Cara Satlantas Polres Purwakarta Hadapi Kemacetan Saat Libur HUT RI Ke-75 

"Masih ada 41,2 persen yang belum kembali ke Jakarta, belum lagi ditambah dengan kendaraan yang akan melakukan mudik gelombang kedua hari ini dalam rangka libur Tahun Baru Islam 1442 H," ujar Heru dalam siaran resmi Jasa Marga, Rabu (19/8/2020).

"Nantinya, seluruh kendaraan mudik dalam periode libur panjang Agustus 2020 kami prediksi akan kembali di hari Minggu (23/8/2020) yang merupakan puncak arus balik. Kami mohon kerjasama pengguna jalan untuk tidak kembali ke Jakarta dalam waktu yang bersamaan di hari tersebut," imbuhnya.

Heru menambahkan, pihaknya juga memprediksi akan terjadi lonjakan kendaraan yang keluar meninggalkan Jakarta pada hari ini, Rabu (19/8/2020).

Adapun volume lalu lintas (lalin) keluar Jakarta secara kumulatif dari Gerbang Tol (GT) Barrier diprediksi sebesar 191.434 kendaraan, atau naik 63,6 persen jika dibandingkan dengan lalin normal.

Baca Juga: Libur Hari Kemerdekaan RI, Jasa Marga Catat 498 Ribu Kendaraan Meninggalkan Jakarta, Naik Berapa Persen dari Hari Biasa?

"Jasa Marga mengimbau kepada pengguna jalan tol agar dapat mengantisipasi perjalanan sebelum memasuki jalan tol," tutur Heru lagi.

"Pastikan kendaraan maupun pengendara dalam keadaan prima, mematuhi protokol kesehatan (menggunakan masker, cuci tangan dan jaga jarak) saat berada di Tempat Istirahat (Rest Area), isi BBM dan saldo uang elektronik yang cukup, serta mematuhi rambu-rambu dan arahan petugas serta istirahat jika lelah berkendara," tambahnya.

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa