Begini Cara Satlantas Polres Purwakarta Hadapi Kemacetan Saat Libur HUT RI Ke-75

Dia Saputra - Minggu, 16 Agustus 2020 | 16:15 WIB

ilustrasi kemacetan saat libur HUT RI ke-75 (Dia Saputra - )

GridOto.com - Satlantas Polres Purwakarta memiliki cara tersendiri untuk mengatasi kemacetan lalu lintas (lalin) saat libur panjang HUT RI ke-75, Sabtu-Senin (15-17/08/2020).

Bahkan pihak Satlantas Polres Purwakarta sudah mengetahui titik-titik yang berpotensi terjadi kemacetan saat liburan berlangsung.

Untuk mengantisipasi terjadinya kemacetan, pihak Polres Purwakarta menyiapkan 171 personel di wilayah hukum Kabupaten Purwakarta.

Kapolres Purwakarta AKBP Indra Setiawan melalui Kasatlantas AKP Zanuar Cahyo Wibowo memprediksi jika lalin di kawasan wisata akan padat.

Baca Juga: Operasi Patuh 2020 Sudah Berakhir, Satlantas Polres Kapuas Tetap Galakkan Razia Pengendara

"Sebagai antisipasi mencegah terjadinya kemacetan, kami menempatkan personel di titik rawan macet, baik di jalur arteri maupun tol," ujarnya dikutip dari Ntmcpolri.info, Sabtu (15/08/2020).

Ia menjelaskan jika pihaknya sudah menyiapkan langkah-langkah antisipatif kemacetan agar kondisi tetap aman.

Hal itu dilakukan agar keselamatan, ketertiban dan kelancaran lalin (kamseltibacar) selama libur panjang HUT RI ke-75 tetap terjaga.

"Selain dari personel di lapangan, kondisi lalin akan dipantau melalui kamera CCTV di beberapa titik agar kami bisa segera ambil tindakan jika ada kemacetan," terangnya.

Baca Juga: Semarakkan HUT RI Ke-75, AHASS DIY, Kedu, dan Banyumas Tawarkan Paket Servis Spesial, Dari Veteran Sampai Bebas Merdeka!

Selain itu, pihak Satlantas Polres Purwakarta juga menyiapkan tim pengurai kemacetan.

"Saat ini kondisi di jalan masih normal. Namun kami memprediksi puncak arus lalin akan terjadi Senin (17/08/2020) sore," lanjutnya.

Pada masa libur ini, Kasatlantas berharap pengguna jalan tetap berhati-hati dan mematuhi peraturan dalam berkendara.

Tidak hanya itu, pihaknya juga berpesan agar masyarakat yang bepergian tetap mematuhi protokol kesehatan.