Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Gerbang Tol Cikunir 4 Ruas JORR Akan Dioperasikan Mulai Hari Selasa, Segini Tarifnya

M. Adam Samudra - Minggu, 9 Agustus 2020 | 12:05 WIB
Gerbang Tol Cikunir  4
Jasa Marga
Gerbang Tol Cikunir 4


GridOto.com - Mulai Selasa (11/8/2020) PT Jasamarga Metropolitan Tollroad akan mengoperasikan Gerbang Tol (GT) Cikunir 4 yang khusus melayani transaksi tol ke arah Jati Asih pada pukul 00.00 WIB.

Hal ini dilakukan untuk mengurai beban transaksi lalu lintas yang terjadi di Cikunir 2 dari arah Cikampek dan sekitarnya menuju ke berbagai wilayah di Jakarta.

"Nantinya GT Cikunir 4 diperuntukkan bagi pengguna jalan yang mengarah ke Jatiasih,Jagorawi, P. Indah, Serpong," kata Irra Susiyanti selaku Marketing and Communication Department Head Jasa Marga Metropolitan Tollroad, Sabtu (9/8/2020).

Sedangkan GT Cikunir 2 yang saat ini beroperasi diperuntukkan bagi pengguna jalan yang mengarah ke Pondok Kelapa/Bintara/Tanjung Priok.

Baca Juga: Disengaja Atau Tidak, Banyak Pengendara Motor Masuk Tol, Jasa Marga Komentar Gini

Nantinya, perubahan lalulintas di GT Cikunir 2 ke GT Cikunir 4 dan GT Cikunir 2 diharapkan dapat mengurai antrean yang terjadi saat transaksi di gerbang tol.

"Dengan adanya pemisahan lajur transaksi untuk kendaraan menuju ke arah Jati Asih dengan yang ke arah Tanjung Priok, maka kendaraan yang masuk Cikunir 2 arah Tanjung Priok sudah tidak dapat lagi memotong jalur untuk masuk jalur yang ke arah Jati Asih," ucapnya.

Selain untuk mengantisipasi antrean kendaraan, pengoperasian GT Cikunir 4 juga dilakukan untuk meningkatkan kapasitas gerbang tol GT Cikunir 2.

Seketsa Gambaran tol Cikunir
Jasa Marga
Seketsa Gambaran tol Cikunir

General Manager Representative Office 1 Jasamarga Metropolitan Tollroad, Oemi Vierta Moerdik, mengatakan bahwa GT Cikunir 2 saat ini memiliki 12 gardu (7 GTO Multi dan 5 Oblique Approach Booth/OAB).

Baca Juga: Target Beroperasi di 2021, Jasa Marga Kebut Pembangunan Konstruksi Jalan Tol Serpong-Cinere

Untuk itu, dengan dioperasikannya GT Cikunir 4, total menjadi 15 gardu dengan rincian GT Cikunir 4 memiliki 8 gardu (5 GTO Multi, 1 GTO dan 2 OAB) untuk melayani pengguna jalan yang mengarah ke Jatiasih/Jagorawi/Serpong, serta GT Cikunir 2 memiliki 7 gardu (5 GTO Multi dan 2 OAB) untuk pengguna jalan yang mengarah ke Pondok Kelapa/Bintara/Tanjung Priok.

Soal tarif, Oemi menjelaskan tidak ada perubahan dengan pengoperasian GT Cikunir 4.

Pengguna jalan tetap menggunakan tarif JORR saat ini yaitu 15.000 (Golongan 1), 22.500 (Golongan 2), 22.500 (Golongan 3), 30.000 (Golongan 4) dan 30.000 (Golongan 5).

Editor : Dida Argadea

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa