Antisipasi Lonjakan Volume Lalu Lintas Selama Libur Panjang Idul Adha, Jasa Marga Tingkatkan Layanan di Jalan Tol

Muhammad Ermiel Zulfikar - Kamis, 30 Juli 2020 | 20:40 WIB
Ilustrasi, Kemacetan di Jalan Tol Cipularang
Haryanto / Tribun Jabar
Ilustrasi, Kemacetan di Jalan Tol Cipularang

GridOto.com - Tindakan antisipasi dilakukan PT Jasa Marga (Persero) guna menghadapi lonjakan volume arus lalu lintas selama libur panjang Hari Raya Idul Adha 1441 H (30 Juli sampai dengan 2 Agustus 2020).

Pratomo Bimawan Putra, selaku Operation Management & Maintenance Group Head Jasa Marga mengatakan, ada beragam jenis layanan yang ditingkatkan oleh pihaknya selama periode tersebut.

"Jasa Marga mempersiapkan operasi optimal di Gerbang Tol, Lajur maupun Tempat Istirahat (Rest Area) dengan menerapkan standar protokol kesehatan dan pencegahan penyebaran COVID-19, sesuai Surat Edaran Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat No. 07/SE/M/2020," ujar Pratomo dalam siaran resmi yang dikirimkan Jasa Marga, Kamis (30/7/2020).

Baca Juga: H-1 Idul Adha 1441 H, Arus Mudik di Jalur Cileunyi Diprediksi Meningkat Saat Sore Hingga Malam, Begini Kata Polisi

Pratomo menjelaskan, langkah pertama yang dilakukan adalah meningkatkan kapasitas transaksi di semua GT Barrier, yakni dengan menyiapkan mobile reader dan memastikan semua gardu transaksi beroperasi penuh.

"Hal ini didukung dengan peningkatan layanan lalu lintas yang ada di lajur dengan menyiagakan petugas di lokasi rawan kepadatan, berkoordinasi dengan Kepolisian untuk melakukan rekayasa lalu lintas, pemasangan CCTV Speed Camera untuk mendukung rekayasa lalu lintas, serta petugas layanan jalan tol yang siaga 24 jam melalui One Call Center 14080," paparnya.

Peningkatan layanan konstruksi juga dilakukan dengan pelebaran lajur pertemuan Jalan Tol Jakarta-Cikampek bawah dan Jalan Tol Jakarta-Cikampek Elevated arah Cikampek.

Tidak hanya itu, tim Siaga 24 jam pun disiapkan untuk memperbaiki jalan berlubang, menyiagakan pompa untuk antisipasi genangan air dan menjaga kebersihan lingkungan di jalan tol.

Baca Juga: Libur Idul Adha Tak Ada Larangan Mudik, Kemenhub Siapkan Antisipasi Lonjakan Arus Lalu Lintas

"Kami juga meningkatkan layanan di tempat istirahat yang berpotensi menjadi titik kepadatan, dengan memastikan tempat istirahat beroperasi dengan tetap menjalankan protokol pencegahan COVID-19, physical distancing, pembatasan kapasitas parkir," tutur Pratomo lagi.

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id

KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa