Menghitung Konsumsi BBM Motor Pakai Pertamax dan Pertalite, Kalau Sesuai Rekomendasi Dijamin Irit!

Muhammad Mavellyno Vedhitya - Rabu, 5 Agustus 2020 | 16:42 WIB
dispenser pengisian bahan bakar milik Pertamina.
GridOto.com
dispenser pengisian bahan bakar milik Pertamina.

GridOto.com - Pemilihan jenis Bahan Bakar Minyak (BBM) jelas penting untuk semua jenis motor, tidak terkecuali pada skuter matik (skutik). Kalau salah memakai jenis bensin, bisa-bisa mesin motor rasanya seperti menggelitik atau bahkan jebol.

Begitu juga kalau memilih BBM yang kelewat bagus, bakalan sia-sia alias kantong yang jebol. Tepat atau tidaknya jenis bensin yang digunakan harus dilihat terlebih dahulu dari rasio kompresi motor itu sendiri sob.

Masing-masing motor punya spesifikasi berbeda dan membutuhkan bensin tipe tertentu. Kita ambil contoh Yamaha NMAX lama dengan kompresi 10,5 : 1 dan Honda Series dengan rasio kompresi mulai dari 9,5 : 1 sampai 10 : 1 untuk All New Honda BeAT.

Dari kedua skutik tersebut dan yang lainnya, kira-kira lebih cocok pakai jenis bensin apa nih sob? Yuk disimak. Sebagai informasi, Pertamina sendiri sudah merekomendasikan jenis bensin yang cocok untuk Yamaha NMAX dan skutik lainnya.

Baca Juga: Kendaraan Sering Isi BBM Beda Produsen? Ternyata Begini Dampaknya

Yamaha NMAX saat dites oleh tim OTOMOTIF TV.
GridOto.com
Yamaha NMAX saat dites oleh tim OTOMOTIF TV.

Dijelaskan jenis BBM Pertamax dengan angka oktan minimal 92, direkomendasikan untuk kendaraan yang memiliki kompresi rasio 10 : 1 hingga 11 : 1. Itu berarti cocok nih untuk Yamaha NMAX. Sementara untuk Honda BeAT Series dengan kompresi 9,5 sampai 10 : 1, minimal dapat menggunakan BBM jenis Pertalite (RON 90).

Masalah konsumsi BBM, Yamaha NMAX sendiri dibekali dengan teknologi Blue Core dan Variable Valve Actuation (VVA) dengan kapasitas tangki bensin sebesar 6,6 liter. Yamaha NMAX memiliki 14,8 dk di 8.000 rpm dan torsi 14,4 Nm pada 6.000 rpm.

Berdasarkan hasil tes Motorplus, konsumsi BBM Yamaha NMAX yang menggunakan bensin rekomendasi dari Pertamina, yakni Pertamax (RON 92), rata-rata yang didapat adalah 39,8 km/liter. Jarak tempuh untuk menguji keiritan skutik bongsor Yamaha itu sejauh 128 km. Kondisi jalan yang dilalui pun beragam, ada lancar, macet, siang dan malam, layaknya kondisi penggunaan harian.

Lantas, bagaimana ya konsumsi BBM dari Honda BeAT Series yang direkomendasikan menggunakan jenis BBM minimal Pertalite? Bermesin eSP, tenaga maksimal yang dihasilkan adakah 8,9 dk di 7.500 rpm dan torsi maksimum mencapai 9,3 Nm pada 5.500 rpm.

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id

KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa