Kendaraan Sering Isi BBM Beda Produsen? Ternyata Begini Dampaknya

Harun Rasyid - Jumat, 31 Juli 2020 | 21:06 WIB

Ilustrasi beberapa jenis BBM di SPBU (Harun Rasyid - )

GridOto.com - Pilihan bahan bakar kendaraan khususnya bensin, di Indonesia kini banyak produsennya mulai dari Pertamina, Shell, Total, BP AKR dan Vivo.

Sebagai pemilik kendaraan, kadang kita dibuat penasaran dan ingin mencoba BBM dari masing-masing produsen.

Nah apakah sering isi BBM beda produsen memiliki pengaruh buruk terhadap mesin kendaraan?

Prof. Tri Yuswidjajanto selaku Ahli Konversi Energi dari Institut Teknologi Bandung (ITB) mengatakan, sensasi berbeda yang dirasakan ketika menggunakan BBM beda produsen dipengaruhi banyak faktor.

Baca Juga: Hypercar Lamborghini Essenza SCV12 Diluncurkan, Kok Ada Logo Pertamina Fastron?

"Meski penggolongan RON umumnya dari setiap produsen sama. Misalnya RON 92 di Pertamina ada Pertamax dan Shell ada Super, tapi detailnya RON-nya bisa berbeda. Mungkin ada yang pas 92 dan ada yang 92,5, jadi ini yang menyebabkan efek pemakaiannya berbeda," ujar Tri saat dihubungi GridOto.com, Jumat (31/7/2020).

Selain RON, menurut Tri, zat aditif seperti deterjen dan oktan booster yang digunakan masing-masing produsen juga berbeda.

"Zat aditif pada BBM ada yang untuk mengatur RON seperti oktan booster, ada yang buat menjaga performa mesin seperti deterjen dan juga berfungsi untuk memelihara katup hisap seperti karburator dan injector supaya tidak menghasilkan deposit yang banyak," kata Tri.

"Nah zat aditif yang digunakan berbagai produsen ini berbeda-beda. Makanya kalau kendaraan pakai Pertamina dan Shell atau produsen lain rasanya berbeda," lanjutnya.

Baca Juga: Mantap! Pertamina MOR VII Salurkan Pertamax Turbo ke Kabupaten Sinjai, Optimis Diterima Baik oleh Masyarakat