Volume Lalu Lintas Melonjak Hingga 18 Persen, Ratusan Ribu kendaraan Menuju DKI Jakarta Via Tol Hingga H+2 Idul Adha

Muhammad Ermiel Zulfikar - Senin, 3 Agustus 2020 | 20:20 WIB
Ilustrasi. Gerbang Tol.
Dok. Jasa Marga.
Ilustrasi. Gerbang Tol.

GridOto.com - PT Jasa Marga (Persero) mencatat terjadi lonjakan arus lalu lintas menuju DKI Jakarta selepas libur panjang Idul Adha 1441 H.

Menurut keterangan resminya, sebanyak 331.216 kendaraan menuju ibu kota Indonesia tersebut pada H+1 atau Sabtu (1/8/2020) dan H+2 atau Minggu (2/8/2020).

Total volume lalu lintas yang menuju DKI Jakarta ini naik 18,8 persen jika dibandingkan dengan lalu lintas normal.

"Angka tersebut merupakan kumulatif arus lalu lintas (lalin) yang menuju Jakarta dari beberapa Gerbang Tol (GT) barrier/utama, yaitu GT Cikupa (arah Barat), GT Ciawi (arah Selatan), dan GT Cikampek Utama serta GT Kalihurip Utama (arah Timur)," ujar Dwimawan Heru, selaku Corporate Communication & Community Development Group Head Jasa Marga dalam keterangan resminya, Senin (3/8/2020).

Baca Juga: Awas Macet, Jasa Marga Lanjutkan Perbaikan Tol Jagorawi Mulai Siang Ini, Ini Dia Titiknya

Jika diuraikan, distribusi lalu lintas dari ketiga arah tersebut didominasi oleh pengguna jalan tol yang berasal dari arah Timur, kemudian Selatan dan Barat.

Adapun total kendaran yang menuju DKI Jakarta dari arah Timur sebanyak 182.679, atau naik sebesar 33,3 persen dari lalu lintas normal.

"GT Cikampek Utama 2 dengan jumlah 92.013 kendaraan menuju Jakarta, naik sebesar 36 persen dari lalin normal," papar Heru lagi.

"Lalu GT Kalihurip Utama 2, dengan jumlah 89.666 kendaraan menuju Jakarta, naik sebesar 30,6 persen dari lalin normal," tambahnya.

Baca Juga: Puncak Lalu Lintas ke Jakarta Diperkirakan Terjadi Akhir Pekan, Jasa Marga Minta Warga Atur Strategi

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id

KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa