Segel Sudah Dibuka, Oli Campuran Mekanik Nakal Disebut Bisa Mengalami Expired, Ini Bahayanya!

Harun Rasyid - Kamis, 30 Juli 2020 | 20:50 WIB
Aneka Oli Mobil
Naufal S/GridOto.com
Aneka Oli Mobil

GridOto.com - Pada praktik oli campuran, mekanik nakal mencampur oli dengan berbagai spesifikasi seperti SAE 5W-30, 5W-40 dan 0W-20 ke dalam satu kemasan.

Apalagi segel dan tutup botol oli campuran ini pastinya sudah terbuka dan menyebabkan udara masuk ke dalam kemasan.

Nah apakah segel dan tutup botol oli campuran yang sudah terbuka dapat menyebabkan oli tersebut expired?

"Kalau oli sisa dengan segelnya yang sudah dibuka memang bisa expired. Tapi expired ini akan lama kalau cuma tutupnya dibuka sebentar terus ditutup lagi. Artinya oli masih bisa digunakan, tapi kalau oli campuran jangan dipakai" kata Ari Hidayat, Kepala Bengkel spesialis Nissan dan Datsun, Jasmin Motor BSD di Tangerang Selatan kepada GridOto.com, Rabu (29/7/2020).

Ari menyebut, hal ini beda cerita kalau tutup botol yang di dalamnya terdapat oli dibiarkan lama terbuka dan terkena udara.

Baca Juga: Update Daftar Harga Oli Mobil Mulai Rp 37 Ribuaan , Ada Prima XP, Castrol dan Shell

"Kalau oli tutupnya terbuka dalam waktu lama, udara akan masuk ke botol dan bisa menyebabkan penguapan udara atau oksigen ini berubah jadi air. Tapi volume airnya juga mungkin enggak terlalu banyak," ujarnya.

"Kecuali benar-benar air yang masuk ke dalam kemasan oli dan jumlahnya banyak sekali misalnya sekitar 30 persen, nah ini pastinya bakal merubah warna oli," lanjut Ari.

Ia mengungkapkan, oli yang sudah tercampur air pastinya haram untuk dikonsumsi mesin mobil.

Ilustrasi segel di kemasan oli
Shoppee.com
Ilustrasi segel di kemasan oli


"Oli yang sudah tercampur banyak air, bisa membuat bagian silinder bengkok dan warna olinya pas dicek berubah jadi warna putih mirip semen," sebut Ari.

Baca Juga: Street Manners: Motor Sering Macet-macetan, Oli Harus Lebih Cepat Diganti

Ia menambahkan, dalam mengganti oli sebaiknya konsumen memperhatikan kerja mekanik demi menghindari praktik oli campuran yang dilakukan mekanik nakal.

"Kalau di bengkel kami sih, konsumen bisa lihat sendiri kami buka segel olinya di depan matanya sendiri. Makanya selalu perhatikan mekanik saat ganti oli dan jangan lupa bawa pulang sisa oli yang dipakai," tutup Ari.

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id

Editor : Hendra

KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa