Beli Barang Sampah Banyak Ruginya, Niat Incar Murah, Komponen Lain Malah Bisa Rusak!

Harun Rasyid - Sabtu, 11 Juli 2020 | 17:43 WIB
Ilustrasi. Barang Sampah yang dijual kembali.
GridOto.com
Ilustrasi. Barang Sampah yang dijual kembali.

GridOto.com - Beredarnya barang sampah seperti sparepart rebuild, genuine box (Gebox), black market atau lelangan berkedok original dan baru di toko online memang meresahkan.

Umumnya barang sampah ini dijual dengan harga jauh lebih murah dibanding sparepart asli di bengkel resmi.

Eris Novansyah Gunawan, selaku pemilik bengkel spesialis Toyota, Anugerah Motor di Jakarta Pusat mengatakan, beberapa kerugian bakal dialami pembeli yang membeli barang sampah tersebut.

"Sparepart yang dijual di online itu kebanyakan bungkusnya saja yang original. Begitu pasang ternyata ada masalah seperti enggak presisi, mau dikembaliin ke penjualnya enggak bisa atau susah," ujar Eris saat dihubungi GridOto.com, Jumat (10/7/2020).

Baca Juga: Peredaran Barang Sampah Bikin Pemilik Bengkel Ogah Jualan Online, Ujung-ujungnya Begini..

Karena kualitas sparepart sampah ini berbeda dengan yang asli, masalah pada kerusakan komponen lain bakal mengancam si pemilik kendaraan.

Misalnya pembelian filter udara Gebox dan sokbreker rebuild untuk Toyota Avanza yang ditemukan GridOto.com beberapa waktu lalu.

"Kalau cuma filter udara gebox masih mending, paling ketahanan partnya aja yang kurang tahan lama dibanding part yang benar original," kata Eris.

"Misalnya filter udara Avanza ori bisa tahan sampai 60 ribu kilometer, kalau filter gebox yang di online itu paling 4 kali ganti oli atau 25 ribu sampai 30 ribu kilometer sudah kotor banget, perbandingannya jauh sekali," lanjutnya.

Baca Juga: Bukan Cuma Penjual, Pembeli Barang Sampah Juga Bisa Terseret Kasus Hukum Sob!

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id


KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa