Banyak Beredar Barang Sampah di Toko Online, Ini Tanggapan BliBli

Wisnu Andebar - Jumat, 10 Juli 2020 | 17:40 WIB
Ilustrasi barang sampah atau komponen sampah
Ario/GridOto.com
Ilustrasi barang sampah atau komponen sampah

GridOto.com - Buat sobat yang ingin berbelanja spare part secara online, ada baiknya perlu waspada terhadap peredaran 'barang sampah' yang dijual dengan harga miring.

Umumnya, pada barang sampah yang dijual tertulis di deskripsi barang tersebut merupakan orisinal, tapi hasil lelangan, refurbish, bahkan gebox (genuine box).

Barang sampah tersebut biasanya mengacu pada part fast moving seperti sokbreker, kampas rem, oli, dan lainnya.

Kendati marketplace online sudah memiliki seleksi produk yang cukup lengkap serta harga yang sangat kompetitif.

Baca Juga: Kiat Belanja Spare Part dan Aksesori Online Ala Komunitas, Biar Enggak Jadi Korban Barang Sampah!

Sayangnya, masih ada saja oknum yang memanfaatkannya untuk menjual barang sampah dengan harga miring yang cukup menggoda.

Menanggapi hal itu, Lay Ridwan Gautama, selaku EVP of Digital Products & Automotive Category Blibli.com mengatakan, bahwa pihaknya akan memberi tindakan tegas bagi toko yang ketahuan tidak memberi produk dan layanan sesuai standar Blibli.

"Kami tidak segan untuk menurunkan produk dan melakukan suspend terhadap seller tersebut. Kami melakukan ini untuk menjaga kesehatan ekosistem seller Blibli," kata Lay kepada GridOto.com, Kamis (9/7/2020).

Menurutnya, ekosistem seller yang sehat akan membangkitkan kepercayaan pelanggan dan akan membuat mereka semakin nyaman untuk berbelanja online.

Baca Juga: Harga Barang Sampah Enggak Masuk Akal di Situs Belanja Online, Pedagang Aksesori dan Sparepart: Konsumen Patut Curiga!

Lebih lanjut ia menjelaskan, untuk memastikan penjual di Blibli menjual produk berkualitas, pihaknya menerapkan sistem kurasi bagi semua seller yang ada di platform.

"Untuk kategori otomotif, kami berkolaborasi dengan ratusan official store untuk menyediakan berbagai produk otomotif resmi, termasuk mobil, motor, dan aksesoris mobil," tandasnya.

Baca Juga: Ingat! Pedagang Suku Cadang yang Menjual Barang Sampah Bisa Dihukum

 

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id

Editor : Hendra

KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa