Mau Boyong Suzuki Satria 2-tak? Awas Kruk As Sering Bermasalah

Wisnu Andebar - Selasa, 23 Juni 2020 | 18:21 WIB
Satria 120R LSCM (2004)
Istimewa
Satria 120R LSCM (2004)

GridOto.com - Buat sobat yang berencana ingin meminang Suzuki Satria 2-tak, ada baiknya mengenali penyakitnya dulu agar tidak salah pilih.

Rachmat Chairul Rizal, selaku owner Rachmat Garage menjelaskan, bahwa umumnya penyakit Satria 120 series ini ada pada bagian mesin.

"Satria 2-tak itu kruk as-nya suka miring, sehingga perputarannya enggak stabil," kata pemilik bengkel spesialis Satria 2-tak yang berada di wilayah Depok, Jawa Barat itu kepada GridOto.com beberapa waktu lalu.

Baca Juga: Substitusi Seal Master Rem Suzuki Satria 2-Tak, Solusi Rem Macet

Ia menjelaskan, penyebab kruk as yang jadi tidak sejajar ini biasanya karena sering dipakai untuk kecepatan tinggi, tetapi tidak diimbangi dengan kualitas oli samping yang bagus.

Kruk as Suzuki Satria 2-tak
Wisnu/GridOto.com
Kruk as Suzuki Satria 2-tak

"Selain itu, settingan karburator untuk suplai bensin juga tidak pas, sehingga kurang mencukupi untuk putaran tinggi," terangnya 

Lebih lanjut Rachmat mengungkapkan, efek yang ditimbulkan dari kruk as yang miring ini adalah timbul getaran yang tidak wajar pada mesin, bahkan terasa sampai setang dan jok.

Baca Juga: Mau Beli Suzuki Satria 2-Tak? Waspada Rem Belakang Sering Macet

"Solusinya harus turun mesin, dilihat dulu kerusakannya seberapa parah, kalau belum parah kruk as bisa di-balancing agar sejajar," tandas Rachmat lagi.

Untuk biaya perbaikan ini, ia mematok jasanya saja dengan banderol Rp 300 ribu.

"Kasus seperti ini sering saya tangani, apalagi motor-motor lama yang enggak pernah dibawa ngebut, begitu dijual dipakai orang yang doyan ngebut, pasti pada begini korbannya," pungkasnya.

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id

Editor : Eka Budhiansyah

KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa