Daihatsu: Percuma Kasih Diskon Besar-besaran Kalau Daya Beli Masyarakat Melemah

Naufal Shafly - Sabtu, 20 Juni 2020 | 18:05 WIB
Ilustrasi penjualan Daihatsu
Daihatsu
Ilustrasi penjualan Daihatsu

GridOto.com - Penjualan mobil baru di Indonesia tengah mengalami keterpurukan akibat pandemi Covid-19.

Berdasarkan data GAIKINDO, sepanjang Januari hingga Mei 2020 kemarin penjualan mobil domestik secara retail (dealer ke konsumen) tercatat sebanyak 260.716 unit.

Angka tersebut mengalami penurunan sebesar 40 persen jika dibandinkan dengan pencapaian di periode yang sama tahun lalu sebanyak 434.466 unit.

Sejumlah pabrikan mulai menata ulang strategi penjualan mereka, salah satunya lewat pemberian diskon agar market kembali bergairah.

Baca Juga: Daihatsu: Saat Ini Sulit Keluarkan Program DP Rendah atau Kredit Ringan

Meski begitu, PT Astra Daihatsu Motor (ADM) menganggap memberi diskon di tengah kondisi pandemi Covid-19 bukanlah suatu langkah yang tepat.

Amelia Tjandra, selaku Direktur Marketing ADM mengungkapkan, hal tersebut dikarenakan daya beli masyarakat Indonesia saat ini yang cenderung melemah.

"Saya percaya pasar mobil itu dipengaruhi sangat besar oleh daya beli. Buang diskon besar-besaran, menurut saya tidak akan memperbesar pasar mobil, selama daya beli yang ditunjukkan oleh GDP (Gross Domestic Product) tidak naik," ucap Amel dalam konferensi pers virtual, Jumat (19/6/2020).

"Jadi selama daya beli yang ditunjukkan oleh GDP tidak ada peningkatan, mau buang diskon sebesar apapun juga tidak akan serta merta membuat orang tertarik membeli mobil. Bulan Juni ini saya perkirakan juga tidak ada peningkatan karena daya belinya belum ada," lanjutnya.

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id


KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa