Daihatsu: Saat Ini Sulit Keluarkan Program DP Rendah atau Kredit Ringan

Naufal Shafly - Jumat, 19 Juni 2020 | 20:50 WIB

Ilustrasi Daihatsu Sigra (Naufal Shafly - )

GridOto.com - Daihatsu tetap menargetkan meraup market share sebesar 17 persen tahun ini, meski penjualan sedang anjlok karena Pandemi Covid-19.

Jika melihat performa retail sales Daihatsu sepanjang Januari-Mei 2020, saat ini market share mereka berada di persentase 18,4 persen.

Itu berarti, Daihatsu sejauh ini telah mencapai target, dan harus mempertahankan angka tersebut hingga tahun 2020 berakhir.

Lantas, apa kiat Daihatsu dalam mempertahankan market share tersebut hingga penghujung tahun?

Baca Juga: Penjualan Anjlok Karena Corona, Daihatsu Tidak Ubah Target Penjualan

Hendrayadi Lastiyoso, Marketing and CSR Divison Head PT Astra International-Daihatsu Sales Operation (AI-DSO), mengatakan strategi mereka saat ini berubah.

Jika biasanya Daihatsu banyak memberikan program penjualan seperti DP ringan atau cicilan murah, saat ini pihaknya tak lagi bisa melakukan hal tersebut.

"Kalau sekarang ini agak sulit, karena untuk melakukan program seperti itu kan kami tidak bermain sendiri, harus kerja sama dengan leasing. Selain itu, 70-75 persen pembelian itu kan dari kredit," ucap Hendrayadi dalam virtual press conference, Jumat (19/6/2020).

"Nah, kalau kami menjanjikan paket DP rendah, leasing itu sekarang sedang selektif sekali. Oleh karena itu, yang akan kami keluarkan adalah paket yang dianggap reasonable, baik oleh si pembeli atau perusahaan leasing," lanjutnya.

Baca Juga: Penjualan Anjlok Karena Corona, Daihatsu Tidak Ubah Target Penjualan

Selain itu, Daihatsu juga tetap berusaha memberikan kemudahan bagi konsumen, lewat promo dan gimmick marketing.

"Seperti minggu lalu, kami melakukan event virtual, di periode tersebut kami memberikan recovery berupa penawaran yang menarik. Strageginya seperti itu, tapi tidak bisa dilakukan setiap hari," ujarnya.

Sebagai informasi, sepanjang Januari-Mei 2020 Daihatsu telah membukukan penjualan retail sebanyak 48.019 unit.

Sedangkan, secara wholesales (distribusi dari pabrik ke dealer) Daihatsu mencatat penjualan 49.443 unit sepanjang Januari-Mei 2020.