Penjualan Anjlok Karena Corona, Daihatsu Tidak Ubah Target Penjualan

Naufal Shafly - Jumat, 19 Juni 2020 | 19:50 WIB

Ilustrasi penjualan Daihatsu (Naufal Shafly - )

GridOto.com - Pandemi Covid-19 yang melanda Indonesia membuat market otomotif tak berdaya.

Sepanjang Januari hingga Mei 2020, penjualan retail (dealer ke konsumen) kendaraan roda empat secara domestik hanya mencatatkan angka sebanyak 260.716 unit.

Angka tersebut masih jauh ketimbang pencapaian di periode yang sama tahun lalu, yakni 434.466 unit atau turun 40 persen.

Hal itu pun membuat sejumlah pabrikan harus berfikir ulang dan menentukan target baru di tahun ini, namun tidak untuk PT Astra Daihatsu Motor (ADM).

Baca Juga: Penjualan Mei 2020 Anjlok, Daihatsu Prediksi Juni 2020 Naik 40 Persen

Hendrayadi Lastiyoso, selaku Head of Marketing and CR Division PT Astra International-Daihatsu Sales Operation (AI-DSO) mengungkapkan, pihaknya tidak ingin mengubah target penjualan di tahun ini.

Sebab Daihatsu selalu memasang target dengan perhitungan market share, bukan berdasarkan jumlah unit.

"Kami tidak tau market tahun ini sebesar apa. Tapi minimal kami mencapai market share 17 persen. Kami berharap, dengan market share 17 persen, kalau dihitung-hitung posisi kami ada di nomor 2 (di bawah Toyota)," ucap Hendra dalam diskusi virtual, Jumat (19/6/2020).

Baca Juga: Stok Masih Banyak, Daihatsu Tak Distribusikan Mobil ke Dealer Sepanjang Mei 2020

Hendrayadi menambahkan, Daihatsu akan terus memonitor pergerakan market di tahun ini.

Meski demikian, pergerakan market tidak akan mempengaruhi target penjualan Daihatsu.

"Jadi angkanya berapa? Ya kita lihat dulu, apakah market otomotif Indonesia akan tetap turun sampai akhir tahun? Dari situ target market kami adalah menguasai market share 17 persen, tidak berubah sejak awal tahun tetap segitu," tutupnya.