Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Beredar Pesan Berantai Program Gratis Ganti Oli, Tune Up, dan Sparepart. Suzuki: Jangan Percaya, Hoax!

Naufal Shafly - Rabu, 17 Juni 2020 | 14:40 WIB
Ilustrasi servis mobil Suzuki
Istimewa
Ilustrasi servis mobil Suzuki

GridOto.com - Beberapa waktu belakangan, beredar pesan berantai lewat aplikasi Whatsapp, yang mengatasnamakan PT Suzuki Indomobil Sales (SIS).

Dalam pesan berantai tersebut, disebutkan bahwa Suzuki memiliki program perawatan mobil secara gratis yang meliputi beberapa layanan, seperti ganti oli, tune up, sparepart, balancing, spooring, checkup 32 part, gratis masker dan hand sanitizer.

Konsumen disebut bisa mendapat layanan gratis itu, dengan cara mengisi sejumlah data pribadi lewat situs s.id/SuzukiPeduliCovid.

Lewat keterangan resminya, pihak Suzuki mengatakan bahwa informasi yang disebar melalui pesan berantai tersebut adalah hoax, alias tidak benar.

Baca Juga: Suzuki Bikin Program Sip, Konsumen Bisa Test Drive Kendaraan di Rumah

Riecky Patrayudha, 4W, 2W, Marine Service Director SIS, mengatakan pesan tersebut tidak bisa dipertanggung jawabkan, dan mengimbau konsumen untuk tidak melakukan pengisian data diri lewat tautan tersebut.

Karena, dikhawatirkan data diri konsumen bisa digunakan untuk hal-hal yang tidak diinginkan.

Isi tautan dalam pesan berantai hoax yang mengatas namakan PT Suzuki Indomobil Sales (SIS).
Istimewa
Isi tautan dalam pesan berantai hoax yang mengatas namakan PT Suzuki Indomobil Sales (SIS).


"Kami menduga ini adalah penipuan untuk mengumpulkan data konsumen karena SIS tidak pernah mengeluarkan program tersebut," ucap Riecky dalam keterangan resmi, Rabu (17/6/2020).

"Kami selalu menginformasikan setiap program melalui surat resmi kepada semua diler, website maupun media sosial. Untuk itu, pada Selasa (16/6/2020), kami telah membuat laporan resmi pengaduan konten negatif berupa berita bohong kepada Kementerian Komunikasi dan Informatika RI. Kami harap konsumen kami tidak tertipu dengan pesan hoax tersebut,” terangnya.

Baca Juga: Sepanjang 2019 Bengkel Resmi Suzuki Berhasil Layani Lebih dari Satu Juta Unit Mobil

Untuk mencegah hal serupa kembali terulang, Riecky mengatakan, konsumen bisa mencari tahu seluruh program resmi SIS lewat website ataupun sosial media Suzuki.

"SIS menginformasikan bahwa semua program Suzuki Indonesia yang resmi akan tercantum pada website Suzuki Indonesia (www.suzuki.co.id) serta media sosial Suzuki Indonesia (Facebook, Twitter, dan Instagram)," ucapnya.

"Selain itu, Suzuki juga menyediakan layanan bebas pulsa 24 jam di Halo Suzuki (0800 1100 800) yang dapat konsumen Suzuki gunakan untuk memastikan setiap program (Sales, Service, dan Sparepart) yang ada di Suzuki," tutupnya.

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa