Lebih Tipis dan Ringan, Ini yang Bikin Carbon Fiber Bisa Lebih Kuat

Radityo Herdianto - Kamis, 11 Juni 2020 | 12:00 WIB
Lempengan Carbon Fiber yang Sudah Disatukan dengan Resin Epoxy
Radityo Herdianto / GridOto.com
Lempengan Carbon Fiber yang Sudah Disatukan dengan Resin Epoxy

GridOto.com - Fungsi utama pemasangan panel carbon fiber untuk modifikasi mobil adalah mengejar pengurangan bobot.

Carbon fiber punya karakter yang bisa dibuat lebih tipis sehingga bisa lebih ringan dari panel bawaan mobil.

Bukan berarti malah jadi ringkih, panel carbon fiber justri bisa punya kekuatan yang setara bahkan bisa lebih kuat dari panel bawaan mobil.

"Karena bahan dasarnya itu dari senyawa karbon, dimana unsur karbon itu bisa dikatakan arang yang cukup keras," ujar Christopher Nicholas, pemilik workshop Prestige Carbon, Jakarta Barat kepada GridOto.com.

Menurut Christopher, unsur karbon seperti arang dinilai kuat karena juga menjadi salah satu bahan utama dalam pembuatan mutiara setelah dipadatkan dengan media tertentu.

Lips bumper berbahan karbon fiber
Aditya Pradifta
Lips bumper berbahan karbon fiber

Baca Juga: Mesin Mobil Pakai Busi Balap, Apakah Aman Buat Dipakai Harian?

"Aplikasi resin jadi kunci utama media untuk memadatkan lembaran serat karbon yang tadinya lentur jadi punya kekuatan," sebut Christopher.

"Umumnya yang digunakan resin epoxy, dia punya hardness yang sangat tinggi kalau sudah kering, dikombinasikan dengan serat karbon," tutur Christopher.

Lembaran carbon yang ada di cetakan akan divakum untuk kemudian diinfus dengan resin sehingga bisa meresap ke serat anyaman carbon.

"Resin mengikat serat karbon menjadi bahan komposit yang menyatu, ibarat tembok bangunan dimana serat carbon menjadi rangka baja dan resin sebagai semen," terang Christopher.

Christopher menekankan, selama perbadingan berat resin 1:1 dengan lembaran carbon bisa memiliki kekuatan yang setara atau lebih baik dengan ukuran yang lebih tipis dan ringan 60 persen dari panel plastik atau logam bawaan mobil.

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id

Editor : Dwi Wahyu R.

KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa