Supaya Tidak Tertipu, Begini Cara Bedain Carbon Fiber Asli dan Palsu

Radityo Herdianto - Rabu, 10 Juni 2020 | 15:00 WIB
Contoh Panel dengan Bahan Serat Carbon Fiber Asli
Radityo Herdianto / GridOto.com
Contoh Panel dengan Bahan Serat Carbon Fiber Asli

GridOto.com - Stiker carbon atau carbon water printing biasa disebut dengan motif carbon look alias fake carbon (karbon palsu).

Penggunaan panel carbon palsu ini banyak ditemukan sebagai solusi hemat pemilik mobil yang ingin tetap tampil beda dengan budget yang lebih hemat.

Tapi jangan sampai tertipu, begini cara memberdakan mana carbon fiber yang asli dengan carbon fiber palsu.

"Permukaan panel carbon asli akan terlihat efek 3D (tiga dimensi) sewaktu terkena pantulan cahaya," tutur Christopher Nicholas, pemilik workshop Prestige Carbon, Jakarta Barat kepada GridOto.com.

Lanjut Christopher, berbeda dengan permukaan carbon palsu yang cenderung flat tidak memiliki pantulan cahaya yang cerah, bahkan efek pantulan cahayanya sudah dibentuk dalam motif.

Panel dasbor dilapis karbon dari water printing
Panel dasbor dilapis karbon dari water printing

Baca Juga: Mesin Mobil Pakai Busi Balap, Apakah Aman Buat Dipakai Harian?

"Tapi sekarang banyak sticker motif carbon atau print yang sangat bagus bisa bikin efek pantulan cahaya 3D," sebut Christopher.

Sehingga Anda bisa lihat pola motif anyaman carbon dimana yang palsu cenderung lebih konsisten dan rapih segaris lurus melintang di permukaan panel.

"Se-perfect carbon asli pasti sedikit tidak rata karena memang real anyaman serat carbon, waktu kena tekukan pasti bentuk pola anyamannya sedikit berubah," jelas Christopher.

Jika masih sulit membedakan, barulah Anda bisa pegang dan coba ketuk antara panel carbon fiber asli dengan yang carbon palsu.

"Carbon asli diketuk seperti lempengan logam tipis tapi dipegang seperti plastik, kalau yang palsu ya mengikuti panel bawaannya, plastik atau besi," terang Christopher.

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id

Editor : Dwi Wahyu R.

KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa