Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Harganya Mahal, Lalu Bagaimana Cara Merawat Panel Carbon Fiber?

Radityo Herdianto - Rabu, 10 Juni 2020 | 12:00 WIB
Kap mesin dari carbon kevlar asli dan gril tapil kece banget
Janry Maranatha
Kap mesin dari carbon kevlar asli dan gril tapil kece banget

GridOto.com - Proses pembuatannya yang lebih kompleks tentu membuat harga panel carbon fiber lebih mahal dari panel bawaan mobil.

Dengan harga yang mahal, tentu Anda tidak mau sampai panel carbon fiber terlihat jelek dan mengurangi tampilan mobil.

Harga mahal bukan berarti perlu perhatian lebih, merawat panel carbon fiber yang terpasang di mobil ternyata cukup mudah.

"Sebenarnya cukup dibilas pakai air bersih dan sampo mobil kalau sudah kotor, tidak ada treatment khusus," terang Christopher Nicholas, pemilik workshop Prestige Carbon, Jakarta Barat kepada GridOto.com.

Christopher merekomendasikan menggunakan sampo mobil khusus dengan ph netral dengan busa sedikit untuk menjaga permukaan lapisan coating agar tidak hilang.

Cover spion Nissan Juke Impul berbahan karbon
www.nengun.com
Cover spion Nissan Juke Impul berbahan karbon

Baca Juga: Mesin Mobil Pakai Busi Balap, Apakah Aman Buat Dipakai Harian?

"Waktu mengeringkan juga cukup pakai kain microfiber supaya benar-benar kering dan tidak mudah baret," tutur Christopher.

Lanjut Christopher, kalau sudah baret cukup gunakan cairan kompon dan diusap secara manual dengan tangan untuk mengembalikan kilau permukaan panel carbon fiber.

"Hindari pakai alat poles karena coating panel carbon itu cukup tipis, kekuatan buffing-nya terlalu besar malah bisa bikin pitak permukaannya karena coating terkikis," tekan Christopher.

Pemilik mobil juga bisa menambahkan aplikasi produk seperti cairan hidrofobik atau coating instant untuk memaksimalkan proteksi permukaan panel carbon.

"Biasanya produk seperti itu dipakai supaya air tidak mudah menempel dan tidak menciptakan bercak waterspot," ujar Christopher.

Editor : Dwi Wahyu R.

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa