Bikin Mobil Makin Keren, Begini Proses Pembuatan Panel Carbon Fiber

Radityo Herdianto - Rabu, 10 Juni 2020 | 09:00 WIB
Bahan Mentah Lembaran Serat Carbon Fiber
Radityo Herdianto / GridOto.com
Bahan Mentah Lembaran Serat Carbon Fiber

GridOto.com - Punya daya tarik tersendiri, proses pembuatan panel carbon fiber yang biasa dipakai untuk modifikasi mobil ternyata cukup kompleks.

Harganya yang tergolong mahal ternyata panel carbon fiber tidak bisa dibuat secara sembarangan untuk bisa menghasilkan panel yang ringan, tipis, namun tetap kuat saat dipasang di mobil.

"Lembaran serat carbon fiber dipotong menyesuaikan bentuk dan ukuran panel yang mau dibuat, kemudian dimasukan ke cetakan," buka Christopher Nicholas, pemilik workshop Prestige Carbon, Jakarta Barat kepada GridOto.com.

Lanjut Christopher, lembaran serat carbon fiber dan cetakan kemudian dibungkus dengan plastik atau polimer khusus untuk dilakukan proses vakum.

Proses vakum berlangsung selama 3 sampai 4 jam, sekaligus juga melakukan drop test untuk mendeteksi apakah ada kebocoran atau tidak.

Front Splitter dengan Bahan Carbon Fiber
Radityo Herdianto / GridOto.com
Front Splitter dengan Bahan Carbon Fiber

Baca Juga: Bukan Dari Mesin, Hal Sepele Ini Juga Bisa Bikin Mobil Boros BBM

"Kalau sampai bocor harus bongkar dari awal, tapi selama 3 sampai 4 jam tekanan hanya turun sedikit baru bisa diinfus dengan cairan resin epoxy," terang Christopher.

Proses infus atau inject memerlukan waktu sekitar 1 sampai 2 jam agar cairan resin benar-benar menyerap ke serat carbon fiber.

"Setelah resin masuk juga harus dipanaskan dalam over sekitar suhu 80 sampai 100 derajat celsius supaya resin kering saat dikeluarkan dari plastik vakum," tutur Christopher.

Kemudian tinggal dilakukan proses finishing dengan dirapihkan bagian pinggir yang kasar atau kelebihan, lalu diberi lapisan coating sebagai proteksi dari UV matahari.

"Pentingnya proses vakum karena serat carbon fiber memerlukan pressure agar bisa menjadi kaku dan resin bisa menyerap, bukan melapisi sehingga bisa menjadi material komposit," tekan Christopher.

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id

Editor : Dwi Wahyu R.

KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa