Street Manners: Sepatu Riding Mahal, Naik Motor Pakai Sepatu Biasa Juga Bisa, Asalkan Lulus 4 Kriteria Ini

Muhammad Rizqi Pradana - Senin, 8 Juni 2020 | 19:20 WIB
Gak punya sepatu riding? Pakai sepatu biasa juga gak masalah kok, asalkan 4 kriteria safety dan 1 kriteria opsional ini terpenuhi.
Istimewa
Gak punya sepatu riding? Pakai sepatu biasa juga gak masalah kok, asalkan 4 kriteria safety dan 1 kriteria opsional ini terpenuhi.

GridOto.com - Salah satu peranti keselamatan yang masih luput dipakai banyak pengendara motor di Indonesia adalah sepatu riding.

Karena meskipun punya fitur-fitur khusus seperti reflektor dan armor, harganya yang cukup tinggi membuat sepatu riding masih jadi barang mewah untuk sebagian besar rider di Indonesia.

Sebenarnya menggunakan sepatu biasa untuk riding juga sah-sah saja asalkan memenuhi beberapa kriteria dari segi safety.

Sony Susmana, selaku Training Director Safety Defensive Consultant Indonesia (SDCI) mengatakan, ada 4 kriteria utama yang harus dipenuhi sepasang sepatu agar aman diajak riding.

Baca Juga: Street Manners: Minimalisir Kecelakaan, Yuk Sudahi Penggunaan Ban Botak!

“Pertama, sepatu tersebut harus half boots atau bertinggi di atas mata kaki, dan kedua, di bagian pergelangan kaki memiliki bahan atau material yang keras,” ujarnya kepada GridOto.com beberapa waktu lalu.

Tinggi sepatu dan bahan yang keras di bagian pergelangan kaki berfungsi untuk meminimalisasi risiko terkilirnya kaki pengendara akibat tertekuk berlebihan (hyperextension) saat kecelakaan.

Untuk yang ketiga, Sony mengatakan bahwa bagian ujung kaki, atau bahasa kerennya toe-box, sepatu harus memiliki pengaman, atau setidaknya memiliki material yang keras.

Kenapa? Karena kalau tidak, jari kaki bisa remuk karena tertiban benda berat seperti motor atau menghantam sesuatu yang keras seperti aspal atau trotoar.

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id

Editor : Eka Budhiansyah

KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa