Pengamat Transportasi Tanggapi Ganjil-Genap Buat Motor, Katanya Bagus Tapi..

M. Adam Samudra - Minggu, 7 Juni 2020 | 13:00 WIB
Ilustrasi pemeriksaan kendaraan saat aturan ganjil genap diberlakukan.
Tribunjakarta.com / Gerald Leonardo Agustino
Ilustrasi pemeriksaan kendaraan saat aturan ganjil genap diberlakukan.

GridOto.com - Rencana menerapkan aturan ganjil-genap kepada pengguna sepeda motor pada masa pembatasan sosial berskala besar (PSBB) transisi di DKI Jakarta ditanggapi pengamat transportasi. 

Menurutnya rencana tersebut terbilang tepat.

"Ganjil-genap itu dilaksanakan bagus tanpa pengecualian. Kalau banyak pengecualian gak menarik," kata Djoko Setijowarno saat dihubungi GridOto.com, Minggu (7/6/2020).

Menurutnya ganjil genap motor bisa saja diterapkan dengan catatan transportasi umum beroperasi dengan protokol kesehatan dan dapat memadai kebutuhan mobilitas masyarakat.

Baca Juga: Soal Penerapan Ganjil Genap, Dirlantas Tunggu Keputusan Pemprov DKI

"Kemudian sekarang ini ganjil-genap itu berlaku di masa Pandemi Covid-19 sehingga kesehatan menjadi hal utama. Adanya ganjil-genap sebagai bagian dari cara untuk mengatasi kemacetan," ucapnya.

Djoko menjelaskan, kebijakkan ganjil genap ini sebaiknya tidak diterapkan selamanya.

Menurutnya Indonesia terutama Jakarta perlu segera mengadaptasi konsep jalan berbayar atau Electronic Road Pricing (ERP).

"Polisi tentu tidak dapat menindak semua kendaraan. Untuk itu perlu diterapkan ERP, namun sayangnya hingga kini belum selesai karena banyak kepentingan. Minta BPTJ saja yang melakukan lelang," paparnya.

Baca Juga: Polda dan Pemprov DKI Tak Satu Suara Soal Ganjil-Genap di Masa Transisisi PSBB

Kebijakan sepeda motor dikenakan ganjil-genap saat masa PSBB transisi oleh Pemprov DKI Jakarta menuai kritik dari sejumlah pihak.

Dishub Pemprov DKI Jakarta mengatakan akan menerima segala masukan terkait motor kena ganjil-genap untuk bahan evaluasi.

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id

Editor : Hendra
Sumber : GridOto.com

KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa