Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Hingga H-2 Lebaran, Jasa Marga Catat 430 Ribu Kendaraan Meninggalkan Jakarta Via Tol, Turun 61 Persen Jika Dibandingkan Tahun Lalu

Muhammad Ermiel Zulfikar - Sabtu, 23 Mei 2020 | 21:05 WIB
Ilustrasi. Gerbang Tol Cikampek Utama.
Dok. Jasa Marga
Ilustrasi. Gerbang Tol Cikampek Utama.

GridOto.com - Sebanyak 430.993 kendaraan tercatat meninggalkan Jakarta via tol menuju arah Timur, Barat dan Selatan selama periode H-7 hingga H-2 Lebaran 2020.

Dwimawan Heru, selaku Corporate Communication & Community Development Group Head Jasa Marga mengungkapkan, angka ini turun 61 persen dari lalu lintas (lalin) di periode yang sama 2019 lalu.

Sementara untuk distribusi lalu lintas di ketiga arah tersebut didominasi oleh pengguna jalan tol yang menuju arah Timur, kemudian Barat dan Selatan.

"Untuk distribusi lalu lintas di ketiga arah adalah sebesar 39 persen dari arah Timur, 34 persen dari arah Barat dan 27 persen dari arah Selatan," ujar Heru dalam siaran resmi yang dikirimkan Jasa Marga, Sabtu (23/5/2020).

Baca Juga: Hingga H-4 Jelang Lebaran, Jasa Marga Catat Ratusan Ribu Kendaraan Keluar Jakarta, Tapi... 

Adapun kendaraan yang meninggalkan Jakarta menuju arah Timur merupakan kontribusi lalin dari dua Gerbang Tol (GT) pengganti GT Cikarang Utama.

Tepatnnya GT Cikampek Utama untuk pengguna jalan menuju Jalan Tol Trans Jawa dengan jumlah 96.693 kendaraan, dan GT Kalihurip Utama yang menuju tol Cipularang-Padaleunyi sebanyak 72.856 kendaraan.

"Total kendaraan yang melintas menuju arah Timur adalah sebanyak 169.549 kendaraan, turun sebesar 75 persen dari Lebaran tahun 2019," tutur Heru lagi.

Lalu untuk kendaraan yang meninggalkan Jakarta menuju arah Barat melalui GT Cikupa Jalan Tol Merak-Tangerang, pihak Jasa Marga mencatat sebanyak 146.276 kendaraan.

Baca Juga: Diduga Mudik, 8 Ribu Kendaraan Disuruh Putar Balik di Jalan Tol Jakarta-Cikampek Pada H-3 Lebaran 2020 

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa