Sebelum Jadi Parah, Kenali Tanda Mika Lampu Mobil Bakal Kusam

Radityo Herdianto - Kamis, 28 Mei 2020 | 09:00 WIB
Mika Lampu Menguning
Stefanus Yoga / Detailworks Motospa
Mika Lampu Menguning

GridOto.com - Selain intensitas cahaya yang terang, mika lampu mobil berperan untuk memancarkan sinar lampu secara jelas.

Sebaik-baiknya lampu yang digunakan, jika mika lampu sudah kusam atau buram pancaran cahaya tidak akan maksimal yang mengurangi visibilitas.

Sebelum semakin parah, Anda bisa kenali tanda-tanda mika lampu mobil akan menjadi kusam atau buram.

"Paling gampang coba siram permukaan mika lampu dengan air bersih secara perlahan dan merata," buka Wandy Darmansyah, pemilik workshop Graphic Factory Sticker, Jakarta Barat kepada GridOto.com.

Lanjut Wandy, jika muncul bercak berwarna pelangi di permukaan air yang membentuk pola disinyalir lapisan coating mika lampu pada area tersebut sudah menghilang.

Lampu Peugeot 5008  sudah andalkan LED
Rizky
Lampu Peugeot 5008 sudah andalkan LED

Baca Juga: Cek Tekanan Angin Ban Mobil yang Ideal, Bagian Ini Wajib Diperhatikan

"Di bagian lain permukaan mika lampu air bisa langsung turun, tapi di bagian bercak itu air masih menempel," terang Wandy.

Menurut Wandy, lapisan coating mika lampu juga punya efek hidrofobik yang mencegah air menempel lama di permukaan mika lampu.

"Jadi itu bisa jadi pertanda mika lampu mulai kehilangan proteksi terhadap benda atau panas dan cuaca," tekan Wandy.

Jika dibiarkan, lapisan coating yang menghilang semakin melebar dan mika lampu rentan retak halus karena panas dan kusam menguning akibat dari proses oksidasi langsung di permukaan mika.

"Sebelum telat bisa pakai cairan headlight restoration atau headlight protection supaya mika lampu mobil tetap awet," tutup Wandy.

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id

Editor : Dwi Wahyu R.

KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa