Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Ini Bedanya Carbon Fiber Dengan Kevlar yang Harus Kamu Pahami

Radityo Herdianto - Minggu, 24 Mei 2020 | 15:00 WIB
Ilustrasi Serat Carbon Fiber
fibreglast.com
Ilustrasi Serat Carbon Fiber

GridOto.com Carbon kevlar merupakan istilah atau sebutan yang kita kenal pada bagian panel atau part mobil yang diganti dengan bahan carbon.

Istilah carbon kevlar sendiri sebenarnya keliru karena carbon dan kevlar merupakan dua unsur materi yang berbeda, bukan satu unsur.

Supaya paham dan tidak keliru, ini bedanya carbon fiber dengan kevlar yang kamu harus ketahui.

"Unsur kimia yang digunakan berbeda, carbon fiber pakai unsur carbon, kevlar atau aslinya aramid fiber pakai unsur sintetis aramid," buka Christopher Nicholas, pemilik workshop Prestige Carbon, Jakarta Barat kepada GridOto.com.

Beda unsur kimia utama yang digunakan juga membedakan fisik dan karakter antara carbon fiber dengan kevlar jika dilihat kasat mata.

Ilustrasi Serat Kevlar Fiber
bodyarmornews.com
Ilustrasi Serat Kevlar Fiber

Baca Juga: Sering Keliru! Bukan Carbon Kevlar, Ini Nama Sebutannya yang Benar

"Carbon fiber jelas warnanya hitam atau abu-abu pekat, kalau kevlar warna sebenarnya itu kuning keemasan," terang Christopher.

Lanjut Christopher, carbon fiber punya karakter yang kuat dan kaku dengan bentuk yang bisa dibuat lebih tipis dan ringan, tetapi bisa hancur menjadi kepingan kecil saat terkena benturan keras.

"Biasanya carbon fiber dipakai untuk motorsport karena mengejar bobot namun tidak mengurangi kekuatan material," ujar Christopher.

Berbeda dengan kevlar yang punya karakter alot bila terkena benturan keras hanya retak, juga punya fungsi sebagai isolator yang bisa menahan panas.

"Kevlar sering digunakan untuk rompi antipeluru atau bahan utama bodi pesawat karena bisa menahan panas dan impact bersamaan," tutur Christopher.

Editor : Dwi Wahyu R.

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa