Kementerian Perhubungan Bakal Terima Hibah Hampir Rp 4M Dari IsDB, Untuk Bangun Jalan Tol Baru?

Harun Rasyid - Minggu, 17 Mei 2020 | 20:40 WIB
Proyek Jalan Tol BORR seksi III A Rame on Kayu Manis
Dok. Jasa Marga
Proyek Jalan Tol BORR seksi III A Rame on Kayu Manis

GridOto.com - Islamic Development Bank (IsDB) yang merupakan lembaga keuangan multilateral asal Arab Saudi, mendukung pengembangan sektor transportasi di Indonesia lewat program pemberian Bantuan Teknis (BT).

BT tersebut, bakal digunakan untuk mendukung pengembangan proyek kerjasama Pemerintah dengan Badan Usaha (KPBU) di bidang transportasi.

Dalam keterangan resminya, IsDB akan memberi hibah sebesar US $ 265.000 kepada Kementerian Perhubungan (Kemenhub) RI.

Nilai tersebut jika dirupiahkan mencapai Rp 3.942.776.000 atau hampir mencapai Rp 4 milyar jika dihitung berdasarkan (kurs 1$= Rp 14.878).

Baca Juga: Jual Beli Surat Sehat Covid-19 Buat Mudik Bertebaran, Begini Kata Kemenhub

Ruang lingkup bantuan tersebut, terdiri dari kegiatan yang terkait dengan pengembangan kapasitas Kemenhub, persiapan toolkit atau pedoman untuk penelahaan dan pemilihan proyek KPBU.

Menurut Ibrahim Shoukry, Kepala Hub Regional IsDB Indonesia, hibah tersebut diberikan karena pemerintah Indonesia beberapa tahun terakhir berkomitmen menangani masalah pembangunan infrastruktur transportasi.

Salah satu transportasi umum di Jakarta.
Tribunnews.com
Salah satu transportasi umum di Jakarta.


“Upaya ini menghasilkan berbagai proyek infrastruktur transportasi prioritas. Namun, keadaan geografis Indonesia memunculkan tantangan unik, yang mengharuskan pemerintah mampu menggunakan pendekatan inovatif dalam mengatasi tantangan tersebut," kata Ibrahim dalam keterangan resminya, Minggu (17/5/2020).

Karena itu, peran KPBU dinilai penting demi mempercepat peningkatan infrastruktur sektor transportasi.

Baca Juga: Juru Bicara Kemenhub Soroti Travel Pelat Hitam Hingga Denda Rp 100 Juta

"Bantuan IsDB akan mendukung upaya pembangunan kapasitas teknis Kemenhub yang sesuai, dan pada gilirannya membuka jalan bagi keberhasilan Kemenhub dalam melaksanakan berbagai proyek infrastruktur yang berkualitas," sambungnya lagi.

Djoko Sasono, selaku Sekretaris Jenderal, Kemenhub menyatakan, Indonesia perlu mengatasi tantangan khas soal infrastruktur, dimana pembangunan sektor transportasi menjadi tulang punggung pertumbuhan dan pembangunan ekonomi.

Ilustrasi Tol Trans Sumatera
Dokumentasi Kemntrian PUPR
Ilustrasi Tol Trans Sumatera


"Adanya partisipasi dari sektor swasta merupakan faktor signifikan yang berkontribusi dalam percepatan penyediaan infrastruktur yang diharapkan dapat memberikan nilai dan manfaat yang jauh lebih baik," ucap Djoko.

"Kerjasama antara Kemenhub dan IsDB diharapkan dapat memfasilitasi dan mendukung implementasi program KPBU di sektor transportasi," sambungnya.

Baca Juga: Pemerintah Pusat Izinkan Moda Transportasi Beroperasi Lagi, Daerah Ini Pilih Hentikan PSBB

Selanjutnya, IsDB dan Kemenhub juga akan berkoordinasi dengan Kantor Bersama KPBU, Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional (BAPPENAS) dan  juga Kementerian Keuangan (Kemenkeu).

Ditambah partisipasi Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM), Penjaminan Infrastruktur Indonesia (PII), dan badan lainnya untuk memastikan keberhasilan implementasi bantuan tersebut.

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id

KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa