Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Masuk Hari Kelima Operasi Ketupat Candi 2020, Ratusan Ribu Kendaraan Dipaksa Keluar Jawa Tengah

Naufal Nur Aziz Effendi - Kamis, 30 April 2020 | 13:30 WIB
Kapolda Jawa Tengah, Irjen Pol Rycko Amelza Dahniel saat mengecek pemudik yang akan menuju ke Jawa Tengah di Gerbang Pintu Exit Tol Pejagan Brebes, Jawa Tengah, Rabu (29/4/20).
TribunJateng.com/ Hermawan Handaka
Kapolda Jawa Tengah, Irjen Pol Rycko Amelza Dahniel saat mengecek pemudik yang akan menuju ke Jawa Tengah di Gerbang Pintu Exit Tol Pejagan Brebes, Jawa Tengah, Rabu (29/4/20).

GridOto.com - Sebagai langkah mencegah penyebaran Covid-19, pemerintah memberlakukan kebijakan larangan mudik Lebaran 2020.

Ternyata sebelum diberlakukan kebijakan tersebut, tercatat 700 ribu orang masuk ke wilayah Jawa Tengah.

Sedangkan sejak dimulainya Operasi Ketupat Candi 2020 pada 24 April lalu, kurang lebih 100 ribu kendaraan pemudik dipaksa putar balik ke wilayah asal.

Hal itu disampaikan Kapolda Jawa Tengah, Irjen Pol Rycko Amelza Dahniel saat melakukan pemantauan di jalan Tol Pejagan, wilayah Brebes, pada Rabu (29/4/2020).

Baca Juga: Masuk Hari Kedua Operasi Ketupat 2020, Polda DIY Sudah Bikin 97 Kendaraan Pemudik Putar Balik

"Pemantauan ini dilaksanakan untuk kesiapan menyambut kegiatan bulan Ramadan dan Lebaran tahun 2020," ujar Rycko, dikutip dari TribunJateng.com.

Menurutnya, Operasi Ketupat Candi 2020 kali ini berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya.

"Kalau tahun sebelumnya, melakukan pemantauan terhadap masuknya arus mudik dan pengamanan di pusat-pusat keramaian, termasuk tempat ibadah, tetapi untuk tahun ini kita melakukan penyekatan terhadap arus mudik dengan memberikan edukasi kepada pemudik agar tidak kembali ke daerah asal untuk memutus rantai pandemi Covid-19," jelasnya.

Rycko juga menyampaikan jika pada Operasi Ketupat Candi sebelumnya melakukan pemantauan kelancaran arus mudik, operasi kali ini berubah menjadi proses penyekatan arus mudik.

"Di Jawa tengah terdapat 13 titik start, tiga di antaranya berada di wilayah Pantura dan sisanya di wilayah selatan dan timur, untuk menyekat arus dari timur dan arus dari barat," jelasnya.

Editor : Fendi

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa