Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Polresta Bandung Sudah Bikin Ratusan Kendaraan Putar Balik ke Daerah Asalnya, Dilarang Mudik Kok Masih Ngeyel

Ditta Aditya Pratama - Jumat, 24 April 2020 | 21:06 WIB
Ilustrasi gerbang tol Cileunyi, Bandung
Ery Candra / Tribun Jabar
Ilustrasi gerbang tol Cileunyi, Bandung

GridOto.com - Pelarangan mudik buat mencegah penyebaran pandemi Covid-19 nampaknya masih dianggap sepele, terlihat dari ratusan kendaraan yang dibikin putar balik oleh personel Polresta Bandung.

Dalam hari pertama pelaksanaan Operasi Ketupat Covid-19, Jumat (24/4/2020) ini Polresta Bandung tercatat memaksa 137 kendaraan putar arah ke daerah asalnya.

Kapolresta Bandung, Kombes Pol Hendra Kurniawan, mengatakan tujuan Operasi Ketupat Covid-19 ini memang mencegah orang untuk mudik.

Menurut Hendra, Operasi Ketupat ini merupakan satu teknis dari instruksi presiden yang melarang warga mudik agar tidak terjadi penyebaran Covid-19.

Baca Juga: Ada Aturan Baru, Pemkot Bandung Tegaskan Pengendara Motor Dilarang Berboncengan Selama PSBB, Sebelumnya Masih Boleh Asal Satu Alamat di KTP

"Kami mencegah orang dari Jakarta mudik ke daerah, atau dari Karawang, Bogor, Cianjur, Bekasi, terus ke Bandung, Sumedang, semuanya," kata Hendra.

Hendra mengatakan, operasi tersebut akan digelar 37 hari. Beda dengan pembatasan sosial berskala besar (PSBB) yang cuma berlangsung 14  hari.

"Ini sama konsepnya mencegah orang hilir mudik di area Bandung sini. Tapi kalau Operasi Ketupat Covid-19 sifatnya nasional, mencegah orang pulau ke pulau lain atau di kota ke kota lain," kata dia.

Hendra mengungkapkan, operasi tersebut ada 17 titik di Kabupaten Bandung yang merupakan titik check point , ditambah satu di pintu keluar Tol Cileunyi.

Baca Juga: Ada Empat Titik Pengendalian Transportasi di Jalan Tol Jasa Marga, Melanggar Siap-siap Putar Balik, Ini Lokasinya!

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa