Sekilas Sama, Ini Bedanya Sok Upside Down Motor Sport Dan Motor Trail

Muhammad Farhan - Jumat, 24 April 2020 | 15:40 WIB
Sok depan upside down Yamaha New MT-25
Rizky/Gridoto.com
Sok depan upside down Yamaha New MT-25

GridOto.com – Sekilas sama, inilah bedanya antara sokbreker model upside down yang digunakan di motor tipe sport dan motor tipe trail atau cross.

Meski sekilas tampak sama, sebenarnya sokbreker model upside down untuk motor model biasa dengan model trail atau cross itu berbeda.

“Walaupun serupa, sok upside down di tipe sport dan trail punya konstruksi bagian dalam yang berbeda sehingga punya efek yang juga berbeda saat digunakan,” ujar Joko, dari bengkel Joko Shock Jaya, Pondok Cabe, Tangerang Selatan.

Perbedaan konstruksi bagian dalam tersebut meliputi komponen seperti selongsong sok dan per suling yang menghasilkan rebound atau bantingan berbeda.

Baca Juga: Ganti Slang Rem Motor Dengan Sistem ABS, Perlu Bantuan Alat Khusus?

“Pada motor tipe sport, selongsong sok kanan dan kiri isinya berbeda. Satu sok isinya per dan satunya rebound, sedangkan sok tipe trail keduanya berisi per,” jelasnya.

Sesuai dengan karakter motor, sokbreker upside down motor tipe sport dirancang untuk jalanan on road seperti perkotaan atau sirkuit balap.

Honda CRF150L
Dok. GridOto.com
Honda CRF150L

“Karena punya rebound yang lebih lambat, sok upside down di tipe sport sifatnya cenderung kaku dan stabil di jalanan aspal dalam kecepatan tinggi,” jelasnya.

Sedangkan sokbreker upside down tipe trail dirancang untuk menembus medan off road seperti menembus jalan berbatu atau tanah lumpur di hutan.

Baca Juga: Begini Caranya Membersihkan Knalpot Motor 2-Tak, Suara Garing Lagi

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id

KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa