Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Ganti Slang Rem Motor Dengan Sistem ABS, Perlu Bantuan Alat Khusus?

Muhammad Farhan - Kamis, 23 April 2020 | 11:40 WIB
Honda PCX150 varian rem ABS
Farhan
Honda PCX150 varian rem ABS

 

 

GridOto.com – Ingin ganti slang rem pada motor dengan sistem ABS (Anti-lock braking system), apakah perlu bantuan alat khusus jika dibanding rem tanpa ABS?

Apakah penggantian slang rem motor dengan sistem ABS memerlukan alat khusus karena pada motor dengan teknologi ABS terhubung dengan modul yang diatur secara elektronik?

Jika proses ‘buang angin’ pada motor dengan sistem rem biasa bisa dilakukan secara manual, hal ini tidak berlaku pada motor dengan rem ABS.

“Proses bleeding atau buang angin pada sistem rem ABS perlu pakai alat brake bleeder yang terhubung dengan mesin kompresor,” ujar Teguh Suryadi, staf bengkel Ultraspeed Racing, Daan Mogot, Jakarta Barat.

Baca Juga: Motor Tidak Dipakai, Waspada Ban Kempes Bikin Pentil Ban Robek

Alat brake bleeder ini berbentuk tabung yang terdiri dari dua saluran, menuju lubang buang angin di kaliper dan menuju mesin kompresor.

Nah karena slang rem pada sistem ABS lebih banyak dan punya saluran lebih panjang, cara pompa manual tidak lagi bisa dilakukan.

Ilustrasi alat brake bleeder untuk sistem rem cakram di motor
Farhan
Ilustrasi alat brake bleeder untuk sistem rem cakram di motor

“Dengan alat brake bleeder, udara yang terjebak di sistem pengereman ABS yang rumit bisa mudah dibuang tanpa risiko merusak sistem tersebut,” lengkapnya.

Setelah slang rem selesai diganti baru, tinggal aktifkan saja alat brake bleeder sambil mengisi minyak rem di tabung reservoir.

Baca Juga: Ngoprek Santuy, Begini Cara Simpel Atasi Handgrip Kendur di Motor

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa