Mobil Jarang Dipakai Selama WFH, Memanaskan Mesin Harus Berapa Lama?

Radityo Herdianto - Selasa, 7 April 2020 | 14:00 WIB
Ilustrasi. Putaran Mesin di Takometer Panel Instrumen Toyota CH-R
Ilustrasi. Putaran Mesin di Takometer Panel Instrumen Toyota CH-R

GridOto.com - Selama Anda Work Frome Home (WFH), mobil lebih sering dibiarkan dalam kondisi diam terparkir di tempat tinggal.

Sebaiknya Anda panaskan mesin mobil secara rutin sebagai perawatan simpel selama WFH untuk menjaga kondisi mesin tetap prima.

Ketika sedang memanaskan mesin mobil, sebaiknya berapa lama?

"Seharusnya tidak perlu lama-lama, paling tidak sekitar 5 menit sudah cukup," terang Sarudin, Kepala Bengkel Astrido Daihatsu Kebon Jeruk kepada GridOto.com.

Lanjut Sarudin, memanaskan mobil bisa juga dirasa cukup ketika idle mesin sudah berada di putaran yang cenderung turun dan stabil dari kondisi starter mesin saat dingin (cold start).

Ilustrasi. Ruang Mesin Mobil
Dylan Andika/GridOto.com
Ilustrasi. Ruang Mesin Mobil

Baca Juga: Pakai Ban Off-road Buat Sehari-hari di Jalan Aspal? Ini Konsekuensinya

Dalam rentang waktu 5 menit atau putaran mesin sudah stabil, mesin mobil sudah mencapai panas optimal dan siap untuk dijalankan.

"Setidaknya sirkulasi oli di dalam mesin mobil harus tetap terjaga, komponen-komponen di dalam mesin mobil tetap terlumasi dengan baik," terang Sarudin.

Tidak hanya itu, menurut Sarudin sirkulasi oli di dalam mesin juga berperan penting untuk meminimalisir endapan kotoran berlebih di bak oli mesin yang bisa mengganggu kerja mesin.

Memanaskan mobil sampai posisi idle stabil juga sudah memberikan tenaga listrik ke alternator yang cukup untuk mengisi daya ulang aki sehingga aki terhindar dari gejala soak.

"Sebaiknya memanaskan mobil tidak hanya di tempat, tetapi dibawa jalan sebentar juga supaya komponen lain seperti rem dan transmisi ikut bergerak," tekan Sarudin.

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id

Editor : Dwi Wahyu R.

KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa