Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Kasus Aurelia Margaretha, Ini Bahaya Mengemudi dalam Kondisi Mabuk

Radityo Herdianto - Rabu, 1 April 2020 | 14:00 WIB
Situasi dilokasi kejadian tabrakan maun antara Honda Brio dan pejalan kaki
Twitter.com/duyungcantik
Situasi dilokasi kejadian tabrakan maun antara Honda Brio dan pejalan kaki

GridOto.com - Sedang ramai kasus pengemudi mobil bernama Aurelia Margaretha menabrak pejalan kaki hingga tewas di daerah Tangerang (31/3).

Aurelia Margaretha diduga mengemudikan mobil dalam kondisi mabuk pengaruh dari minuman alkohol hingga menyebabkan pejalan kaki tewas ditabrak.

Sony Susmana, Training Director Safety Defensive Consultant Indonesia (SDCI) menanggapi kasus Aurelia Margaretha tentang bahaya mengemudi dalam kondisi mabuk.

"Kondisi begitu saja biasanya orang tidak bisa menjaga keseimbangan dirinya sendiri, apalagi kalau harus mengontrol kendaraan," tekan Sony saat dihubungi GridOto.com.

Dalam kondisi mabuk, kontrol diri pengemudi sudah dikuasai baik oleh minuman alkohol atau obat sehingga kesadarannya sudah hilang.

Ilustrasi. Mengemudi Harus Dalam Keadaan Fokus 100 Persen
Agus Salim
Ilustrasi. Mengemudi Harus Dalam Keadaan Fokus 100 Persen

(Baca Juga: Selagi WFH, Ini Tips Ringan Cuci Mobil Sendiri di Rumah dengan Benar)

Menurut Sony, orang dalam pengaruh alkohol atau obat memiliki pandangan yang tidak terarah sehingga memiliki fokus yang jelek.

"Sedangkan mengemudi itu harus fokus 100 persen untuk melihat situasi sekitar, tidak ada alasan minum alkohol atau obat sedikit maupun banyak, pasti ada pengaruh mengurangi fokus," tegas Sony.

Selain itu, dalam kondisi pengaruh mabuk pengemudi juga cenderung memiliki respon yang lamban karena kehilangan kesadaran atas kontrol diri.

Dampaknya, pengemudi sulit untuk mengambil keputusan terutama saat berhadapan dengan suatu objek atau bahaya yang akan terjadi di depannya.

"Parahnya lagi pengemudi tidak menyadari kalau itu bahaya, sehingga kecelakaan bisa terjadi tanpa disadari," terang Sony.

Editor : Dwi Wahyu R.

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa