Selama Bulan Maret, Angka Kecelakaan di Jawa Barat Menurun 16 Persen, Efek Social Distancing?

Ditta Aditya Pratama - Rabu, 1 April 2020 | 13:33 WIB
Ilustrasi kecelakaan lalu lintas
GridOto.com
Ilustrasi kecelakaan lalu lintas

GridOto.com - Social distancing yang diterapkan pemerintah otomatis membuat banyak orang berdiam di rumah sehingga pengguna jalan raya berkurang.

Namun apakah hal ini membuat angka kecelakaan di jalan raya berkurang?

Data dari Polda Jawa Barat, terlihat angka kecelakaan di jalan raya pada bulan Maret memang mengalami penurunan ketimbang Januari dan Februari.

Kabid Humas Polda Jawa Barat, Kombes Saptono Erlangga Waskitoroso mengatakan, sejak Januari angka kecelakaan lalu lintas terus menurun hingga Maret 2020. 
 
 
 
"Jumlah kecelakaan selama bulan Maret menurun bila dibandingkan dengan bulan Februari dan Januari," ujar Erlangga yang dikutip GridOto.com dari Tribun Jabar.
 
Jumlah kecelakaan lalu lintas pada Maret 2020 di Jawa Barat sejumlah 566 kejadian dengan korban jiwa meninggal 175 orang.
 
Sebelumnya, Februari 2020 angka kecelakaan mencapai 676 kejadian, dengan korban meninggal dunia sebanyak 236 jiwa.
 
Sementara pada Januari, angka kecelakaan lalu lintas di Jabar mencapai 739 kasus, dengan korban jiwa berjumlah 290 orang.
 
 
"Bila dibandingkan Februari dengan Maret, penurunannya 16 persen," katanya. 
 
Erlangga mengatakan salah satu faktor turunnya angka kecelakaan lalu lintas pada bulan Maret ini adalah adanya social distancing yang membuat mobilitas masyarakat berkurang. 
 
"Social distancing bisa juga memberikan pengaruh penurunan laka lantas," ucapnya.
 

Artikel ini telah tayang di tribunjabar.id dengan judul Selama Social Distancing, Angka Kecelakaan Lalu Lintas di Jawa Barat Turun

Pengin lebih lengkap dan detail ulasan otomotif seperti test drive, test ride, tips, knowledge, bisnis, motorsport dan lainnya, kalian bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF secara digital (e-magz). Caranya klik : www.gridstore.id Kalian akan mendapatkan paket berlangganan menarik.

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id

KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa