Incar Pemasukan Kas Rp 33,2 Triliun, Sejumlah Ruas Tol Trans Jawa Bakal 'Dijual' Waskita Karya Tahun Ini, Berikut Daftarnya!

Gayuh Satriyo Wibowo - Selasa, 25 Februari 2020 | 20:15 WIB
Foto udara Jalan Tol Pasuruan-Probolinggo
Kompas.com/ Garry Lotulung
Foto udara Jalan Tol Pasuruan-Probolinggo

GridOto.com - PT Waskita Karya Tbk (WSKT) berencana melepas konsesi sejumlah ruas Tol Trans Jawa yang dikelolanya kepada calon pemilik yang baru tahun ini.

Pasalnya, perusahaan pelat merah tersebut menargetkan pemasukan kas hingga Rp 33,2 triliun selama 2020.

Senior Vice President Corporate Secretary Waskita Karya, Shastia Hadiarti pun membenarkan hal tersebut.

"WSKT akan menggunakan skema pelepasan langsung kepada investor maupun melalui skema Reksadana Penyertaan Terbatas (RDPT)," jelas Shastia dilansir dari Kontan.co.id, Senin (24/2). 

(Baca Juga: Ini Dia Penampakan Layout Jalan Tol Yogyakarta-Solo, Akan Ada Jalur yang Terputus)

Pelepasan konsesi ini bukan kali pertama dilakukan oleh Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang bergerak di bidang konstruksi tersebut.

Sebelumnya, Waskita Karya pernah melakukan divestasi pada dua ruas tol yang dikelolanya, yakni Solo-Ngawi dan Ngawi-Kertosono di akhir 2019 lalu.

Adapun pihak yang membeli adalah perusahaan asal Hong Kong, Road King Infrastructure Ltd.

Konsesi atas bagian ruas Tol Trans Jawa ini bernilai Rp 1,85 triliun untuk ruas tol Solo-Ngawi dan Rp 562 miliar untuk Ngawi-Kertosono.

(Baca Juga: Tol Probolinggo-Banyuwangi Akan Lewati Situbondo, Wabup: Pemkab Minta Empat Exit Tol)

Waskita Karya juga rencananya bakal melepas kembali tiga ruas tol lainnya, dengan total panjang lebih dari 100 km di pertengahan 2020 ini.

Ketiga tol tersebut yakni ruas tol Kanci-Pejagan sepanjang 35 km, ruas tol Pejagan-Pemalang sepanjang 57,5 km dan Pasuruan-Probolinggo yang memiliki panjang 31,3 km.

Artikel ini telah tayang di Kontan.co.id dengan judul "Waskita Karya (WSKT) bakal kembali lepas sejumlah konsensi ruas tol"

KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa